Kamis, 16 Februari 2012

Kandungan Didalam Daun Pepaya

Daun Pepaya
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. khasiat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Para Ahli secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan daun pepaya bersifat antitumor atau kanker.

Tidak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan, karpain ternyata juga ampuh memperlambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan.
Bahan-bahan tersebut biasanya dikombinasikan dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak sisa makanan.

Selain berkhasiat bagi kulit, daun pepaya terutama dapat digunakan untuk kesehatan wanita antara lain untuk mengobati keputihan, demam akibat nifas, melancarkan haid dan melancarkan air susu ibu (ASI).

Kandungan serta Cara Pakai ;

Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa khasiat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. khasiat Memperlancar pencernaan
Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

Sebagai Obat jerawat.
Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.
Cara membuat  : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus.

Nyeri haid
Wanita jawa zaman dulu sering mekhasiatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

Menambah nafsu makan
Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang susah sekali makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan.kemudian tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah gelas. Campur semua lalu haluskan(Blender). Kemudian saring airnya, dan airnya yang dimanfaatkan untuk diminum sebagaim penambah nafsu makan.


Oleh : Hendra kurniawan


1 komentar: