Kamis, 16 Februari 2012

Obat Heral : Khasiat Daun Serai

Daun Serai
 Sekilas tentang daun serai
Sere / Serai, pada umumnya diketahui sebagai tumbuhan biasa yang akar & batangnya sering digunakan sebagai rempah penyedap masakan. Padahal, minyak asiri dalam tanaman ini banyak digunakan dalam industri kosmetik untuk pembuatan parfum & sabun.juga bisa dipergunakan dalam berbagai kebudayaan. Bagi yang baru ingin mengenalinya, nama saintifik bagi serai ialah Cymbopogon citratus & Famili Gramineae.Menurut kajian, pokok serai mengandungi berbagai jenis minyak yang diperlukan oleh tubuh badan manusia. Bagi tujuan perobatan tradisional pula, terbisa tiga bahagian utama yang boleh digunakan yaitu akar, daun & batangnya. Dipercayai daun yang ditumbuk lumat & diletak pada dahi mampu meredakan sakit kepala. Bagi kegunaan tradisi, serai digunakan untuk mengubati berbagai jenis penyakit seperti  sengal-sengal (rheumatism), sakit perut & masalah membuang air kecil.

Tapi berdasarkan pengalaman & wejangan dari orang dulu saya ternyata daun sereh bisa jg digunakan sebagai obat herbal. ternyata berdasarkan pengalaman pribadi, daun sereh juga bisa digunakan obat untuk melancarkan peredaran darah serta menghilangkan capek cara kita mandi memakai air hangat yg berasal dr rebusan daun sereh, daun sirih serta daun jeruk. Di dalam masyarakat Melayu, serai sering digunakan dalam menambahkan perisa di dalam sesetengah makanan bagi meningkatkan kelazatannya.

Bagi sakit perut & masalah membuang air kecil pula, daun & akar serai haruslah direbus & diminum air rebusan tersebut Di samping itu juga, ekstrak daripada akar serai boleh boleh digunakan di dalam air mandian bagi menyegarkan tubuh ba&.
Khasiat daun Serai

Mencegah kanker
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksi& yang bisa mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Sebagai Obat Gangguan Pencernaan
Teh yang mengandung serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus & diare. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

Menurunkan tekanan darah
Serai efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah & menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.


Sebagai analgesik
Serai meringankan semua jenis pera&gan & iritabilitas yang berhubungan dengan sakit & nyeri. Jadi jika Anda mengalami sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri, teh lemon pasti bisa membantu.

Kulit indah
Serai yaitu pilar dalam industri kosmetik. gunanya antara lain mengurangi jerawat & berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan.

Detoksifikasi
Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah & frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, & kandung kemih bersih & sehat karena zat beracun & asam urat sudah disingkirkan.

Manfaat pada sistem saraf
Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai bisa digunakan untuk memperkuat & meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot & meredakan kejang.

Selamat Mencoba . . .  :)



5 komentar:

  1. mungkin maksudnya Ben Gurion University atau Universitas Ben Gurion

    BalasHapus
  2. pengalaman saya saat kaki pangkal paha lepas dan retak hanya say obati dengan rebusan air serai dan bagian tulang yang retak aku olesi serei yang di memarkan hasilnya 2 bulan aku sudah bisa jalan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rebusana air serai diminum atau dipake mandi yach pak..

      Hapus
  3. BANTU PROSES KARTU KREDIT BANK BNI SYARIAH
    BNI Syariah Hasanah Card Classic credit card
    BNI Syariah Hasanah Card Classic
    Mencari kartu kredit yang menggunakan prinsip syariah? BNI Syariah Hasanah Card Classic jawabannya yang menggunakan Akad Kafalah, Qardh, dan Ijarah.
    INFO pin 582F4A2E TLP/SMS/WA DI 085600125176/FB CHAIRUL ICHSAN BUANA atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara
    BP CHAIRUL SARTO UTOMO untuk
    KANTOR BASECAMP DIVISI MARKETING DI
    JL PANDA BARAT V NO 7
    Berikut Alamat dan Nomor Telepon Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang.
    Alamat: Jl Ahmad Yani No. 152, Semarang 50242.
    Nomor Telepon: (024) 831 3247 831 5027
    Nomor Faks: (024) 831 3217
    karyawan lampirkan syarat fc ktp slip gaji min 3 juta npwp wajib, wiraswasta lampirkan fc ktp,npwp,siup dan tdp untuk wiraswasta wajib ada no fixline ( telp kabel ) di tempat usahanya
    proses berkas dikirim via emai/wa/line/bbm dan 100% aman bisa hub no bni syariah ahmad yani untuk menanyakan nama saya ,atau
    BNI Syariah Call Center 500046 atau 68888 melalui ponsel.
    proses kurang lebih 14 hari kerja, TERIMA KASIH

    BalasHapus