Rabu, 15 Februari 2012

Manfaat Seledri

Daun Seledri
Manfaat Seledri
Selain aromanya yang menarik, kandungan dari daun seledri ini juga menarik perhatian para medis. Hal ini disebabkan kandungan dari daun seledri bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit.

Daun seledri memiliki kandungan Apigenin yang bisa mencegah penyempitan pembuluh darah. Di samping berfungsi untuk mencegah kanker & membentuk permeabilitas kulit yang baik. Seledri juga bermanfaat untuk memelihara kebersihan mulut & kesehatan gigi terutama bagi orang tua.

Seledri mentah bisa merangsang produksi air liur sehingga bisa membantu melumpuhkan aktivitas kuman yang bisa mengakibatkan gigi keropos. 


Khasiat serta Cara Pakai :

Bronkitis :
Cuci 60 gr seledri segar, 10 gr kulit jeruk mandarin kering & 25 gr gula aren hingga airnya tersisa separuhnya sesudah dingin saring & air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi & sore hari, masing-masing ¾ gelas.

Potong 1 genggam daun & batang seledri kecil-kecil, sesudah itu rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. sesudah dingin, saring & air saringannya diminun sekaligus

Mata Kering :
Makan daun seledri sebagai lalapan segar bersama-sama dengan makan nasi. Cuci daun seledri, daun bayam & daun kelor (Moringan oleifera lamk.) masing-masing 1/3 genggam hingga bersih, sesudah itu giling hingga halus. 

Tekanan Darah tinggi :
Cuci 100 gr seledri seutuhnya hingga bersih, sesudah itu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 cangkir air, sesudah itu peras & saring. sesudah dingin, bagi untuk 2 kali minum, pagi & siang hari. Atau cuci 16 batang seledri seutuhnya hingga bersih & potong-potong secara kasar, sesudah itu masukkan ke dalam panic email. sesudah dingin, airnya diminum & seledrinya dimakan. Lakukan 2 kali sehari, masing-masing separuhnya.

Batuk :
Cuci 30 gr seledri segar seutuhnya kemudian rebus dalam 3 gelas air bersih. sesudah dingin, saring & tambahkan madu secukupnya. Gunakan ramuan ini untuk 2 kali minum, pagi & sore hari.

1 komentar: