Jumat, 24 Februari 2012

Khasiat Bawang Merah

Bawang Merah
Khasiat Bawang Merah

Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai penyedap pada makanan ini ternyata memiliki manfaat besar bagi kita. Pada umumnya dimanfaatkan untuk bumbu sayur-sayuran dan sering juga dimasak sebagai bawang goreng yang dimanfaatkan untuk pelengkap rasa pada masakan.disamping sebagai bumbu masak bawang merah juga banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Dari hasil penelitian, ternyata ekstrak umbi Bawang Merah dengan dosis 250 mg/kg bb, mengakibatkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 23,46%. Pada pemberian tolbutamid dosis 250 mg/kg bb secara oral, menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 22,21%, dan pemberian air suling dengan takaran 5 ml/kg bb secara oral menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 3,00%.


Jika Anda ingin memperoleh khasiat bawang merah secara optimal, Anda bisa mengonsumsi irisan bawang merah yang masih mentah setiap hari secara rutin. Irisan bawang merah mentar tersebut bisa Anda padukan dengan cabe kecil, irisan tomat, dan irisan mentimun lalu diberi garam dan air perasan jeruk nipis. Anda bisa menikmatinya sambil menyantap ikan atau ayam goreng.
  •  Batuk
Siapkan umbi bawang merah 4 gr, daun poko segar 4 gr, daun sembung segar 4 gr, herba segar 4 gr, buah adas 2 gr dan air 125 ml. 
Caranya dengan dipipis, dibuat infus atau pil dan bisa dipermanfaatkan sehari sekali dengan diminum. Lama pengobatannya selama 14 hari.
  •     Demam
Perut Kembung pada Anak-anak Ramuan: Umbi Bawang Merah (potong tipis) secukupnya Minyak Kelapa secukupnya Minyak Kayu Putih secukupnya 
Cara pembuatan: Diremas-remas. Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangnn pada anak yang demam.
  •     Kencing Manis
Siapkan umbi bawang merah (dirajang) sebanyak 4 gr, buah buncis (dirajang) 15 gr, daun salam (dirajang) 10 helai dan air 120 ml.
Caranya dibuat infus dan diminum sekali 100 ml. Lama pengobatannya 14 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar