Senin, 20 Februari 2012

Khasiat Minyak Ikan bagi Tubuh

Jenis dari kalangan minyak-minyakan yang satu ini memiliki banyak guna yang baik bagi tubuh kita. Tapi bukan berarti minyak yang satu ini buat menggoreng melainkan minyak tersebut dikonsumsi seperti obat. Hal tersebut dikarenakan minyak ikan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. 

Banyak kandungan yang ada dalam minyak ikaan ini seperti sumber zat gizi, sumber lemak yang rendah kolesterol dan banyak lagi yang lainnya. Makannya sehingga para ahli gizi dan kesehatan sepakat untuk memberikan kata-kata “aman” untuk dikonsumsi oleh bayi, balita, maupun orang dewasa. 


Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan, kaya akan gizi yang membantu proses tumbuh kembang otak (kecerdasan), dan pekermbangan indera penglihatan, dan sistem imun tubuh bayi dan balita. Mengkonsumsi minyak ikan bisa menghindari dari berbagai penyakit, karena minyak ikan mengandung anti bodi yang cukup kuat pula. 

Berikut adalah beberapa keuntungan besar dari minyak ikan :

  • Minyak ikan mencegah serangan jantung. Dr Alexander Leaf dan kolega di Harvard Medical School menyatakan, bahwa dengan mengkonsumsi ikan, seperti salmon / tuna dua kali seminggu bisa mencegah serangan jantung. Bukan hanya itu saja, penelitian di Universitas Southampton pun menyatakan demikian, Omega-3 yang terkandung dalam ikan mampu melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke.
  • Minyak ikan mengurangi pertumbuhan kanker payudara. Para peneliti dari Indiana University menemukan bahwa omega-3 fatty acid bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.
  • Minyak ikan mampu menanggulangi asma. Para peneliti di Universitas Cambridge menemukan bahwa minyak ikan bisa melindungi tubuh dari gangguan pernapasan / asma.
  • Bristol Universitas peneliti menyatakan bahwa minyak ikan bagus untuk visual otak dan perkembangan anak-anak
  • Selain itu, minyak ikan bisa mengurangi resiko kematian dari serangan jantung mendadak. Ketua peneliti Dr. Roberto dan Consortia Mario, Lembaga penelitian Santa Maria Embargo, Italia menemukan satu kasus, yaitu dalam dosis harian gram omega-3 minyak ikan cukup signifikan untuk mengurangi kematian dari serangan jantung mendadak sampai 42%.
  • Minyak ikan membantu mengurangi gejala lupus. Para peneliti di Irlandia Utara Universitas Ulster menemukan bahwa orang dengan penyakit lupus yang makan ikan tongkol, ikan kembung dan ikan serupa berisi omega-3 minyak ikan mengurangi gejala lupus.
  • Minyak ikan mengurangi radang . Para peneliti menemukan bahwa diet tinggi dalam minyak ikan bisa membantu meningkatkan kondisi tubuh dan menghindarkan dari sakit radang
  • Minyak ikan mencegah beberapa gejala kanker lanjutan. Profesor Kevin Fearon dan rekan-rekan di Edinburgh Royal Infirmary menemukan bahwa minyak ikan mampu mencegah cachexia – wasting yang parah dan berat badan yang berhubungan dengan beberapa jenis kanker lanjutan.
  • Minyak ikan membantu sindrom kelelahan kronis. Dr Basant Puri dan rekan-rekan di Rumah Sakit di London menemukan bahwa mengambil omega-3 suplemen minyak ikan bisa membantu untuk meringankan beberapa gejala berkaitan dengan sindrom kelelahan kronis.

Kesimpulannya, minyak ikan memiliki guna luar biasa untuk kesehatan. Jadi mulailah mengkonsumsi minyak ikan yang mengandung omega-3 dari sekarang, untuk menbisakan gunanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar