Senin, 20 Februari 2012

Atasi Berbagai Penyakit dengan Daun Jati Belanda

 Atasi Berbagai Penyakit dengan Daun Jati Belanda
Daun Jati Belanda

Daun Jati Belanda (Guazuma ulmifolia Lamk, var. Tomentosa Schum). Sejak dahulu, masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di Pulau Jawa telah mengenal dan memakai air rebusan daun jati belanda berkhasiat sebagai obat pelangsing tubuh yang dalam bahasa jawa biasa disebut galian singset dan menurunkan kadar lemak tubuh. 

Buah atau daun jati belanda membantu pengobatan diare, batuk, dan nyeri perut. Bijinya dapat digunakan sebagai obat sakit perut, obat mencret dan kembung serta buahnya dapat digunakan sebagai obat batuk. Selain itu, dekok kulit batang dapat digunakan sebagai obat malaria, diare dan sifilis. Kulit batang Jati belanda membantu pengobatan diaforetik, bengkak kaki, Jati belanda juga dapat digunakan untuk mengobati influenza (flu), pilek, disentri, luka dan patah tulang. Daun, buah, biji, dan kulit kayu bagian dalam merupakan bagian tanaman yang bisa dipergunakan sebagai obat  herbal.



Pada umumnya, zat utama yang terkandung dari seluruh bagian tanaman adalah tanin dan musilago. Dengan adanya musilago, absorbsi usus terhadap makanan dapat dikurangi. Hal ini yang yang menjadi alasan banyaknya daun jati belanda yang dimanfaatkan sebagai obat susut perut dan pelangsing. Dalam perkembangannya, daun jati belanda juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kolesterol dan rematik

Pemanfaatan Daun Jati ini dapat mengatasi berbagai Penyakit, diantaranya :

  • Pereda Diare
Pereda Diare, Daun jati belanda kering di giling dan di jadikan serbuk ambil 20gr serbuk ini dan seduh dengan air panas. kemudian saring dan minum 2x sehari. Jika suka, bisa di campur kencur dan madu secukupnya, tetapi untuk di perhatikan : Orang yang bermasalah dengan Ginjal sebaiknya menghindarai ramuan ini
  • Pelangsing
Pelangsing, ambil 7 lembar daun jati belanda segar lalu cuci bersih tambahkan sepotong rimpang bangle, temulawak atau kunyit putih. Rebus dengan1, 5 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum, saat meramunya harus bersamaan dengan temulawak atau kunyit putih guna mengurangi efek iritasi lambung. Selama mengkonsumsi ramuan ini teteplah minum banyak air putih.
  • Kegemukan
Daun jati belanda 7 helai; Daun tempuyung 7 helai; Serbuk majakan sedikit; Air 115 ml, Direbus atau diseduh, Diminum 1 kali sehari 100 ml; diulang selama 30 hari.
  • Perut Kembung
Buah jati belanda ( serbuk) 2 sendok teh; Air mendidih 100 ml; Minyak adas ( bila perlu) 1 tetes, Diseduh, Diminum 2 kali sehari; pagi; sore; tiap kali diminum 100 ml; diulang selama 7 hari.
  • Peluruh Kolestrol
ambil beberapa lembar daun jati belanda kering kemudian seduh dengan air panas secukupnya seperti membuat teh. Saring sebelum diminum Agar tidak hambar tambahkan 1 sendok madu atau gula batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar