Minggu, 19 Februari 2012

Manfaat Bunga Rosella bagi Kesehatan

Bunga Rosella
Manfaat Bunga Rosella bagi Kesehatan

Tanaman Rosella (Hibiscus Sabdarida) mempunnyai lebih dari 300 spesies yang tersebar pada daerah tropis dan non tropis. Biasanya, dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan beberapa diantaranya dipercaya mempunnyai kasiat medis, salah satu diantaranya adalah rosella merah atau rosella (Hibiscus Sabdariffa).

Ternyata dibalik kelezatanya, teh merah mempunyai beribu khasiat yang luar biasa banyaknya. Apalagi setelah diadakan beberapa penelitian di beberapa perguruan tinggi ternama, dan laboratorium. Hasilnya sungguh mengejutkan, banyak sekali manfaat dan khasiat pada teh merah, yang tidak di jumpaipada teh teh yang lain. Sangat cocok untuk yang ingin tampil fit, awet muda serta ideal.
Tanpa kesehatan hidup ini pastilah kurang berarti. Jaga kesehatan sejak sekarang. Tubuh manusia sangat rentan terhadap berbagai macam racun & radikal bebas yang terbentuk dari proses metabolisme di dalam tubuh. Dari luar tubuh, racun yang masuk bisa berasal dari asap kendaraan, polusi udara, makanan berpengawet, zat pewarna makanan, sayuran pestisida, makanan yang mengandung bahan kimia lainnya.

Toksin atau racun yang ada dalam tubuh kita ini akan mengganggu kesehatan mulai dari pegal-pegal, sering menguap, bau mulut tak sedap, sesak nafas, migrain atau yang paling ditakuti sebagai penyebab timbulnya kanker dan mempercepat Osteoporosis. Ini perlu diwaspadai dan kita perlu mencari solusi agar kita mencegah sedini mungkin.

Berikut informasi manfaat dari bunga ini :
  • Bunga rosella bersifat detoksifikasi (menetralkan racun)
  • Menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat dan kolesterol tubuh
  • Dengan meminum teh rosella bisa juga mengatasi batuk, sariawan dan sakit tenggorokan.
  • Khusus untuk anak-anak karena bunga rosella mengandung OMEGA3, maka bisa memacu pertumbuhan DHA.
  • Mampu mengurangi pusing migrane.
  • Rosella merah bisa menghaluskan kulit serta mengurangi keriputan.
  • Membuat langsing tubuh karena mampu menurunkan berat badan. Pasti sangat bermanfaat bagi anda para wanita. Dan cukup minum teh ini saja.
  • Manfaat pertama adalah Meningkatkan Stamina dan daya tahan tubuh
  • Luar biasanya bunga rosella merah bisa juga membantu para pecandu. Misal perokok bisa mengurangi dampak negatif nikotin. Atau bermanfaat untuk  mengurangi ketergantungan akan narkoba

Di negara Sudan bunga rosella menjadi minuman kebangsaan mereka. Dan banyak negara yang masyaraktnya telah merasakan manfaat dari rosella merah baik itu dibuat menjadi teh ataupun minuman yang lain

Trus, cara buatnya gampang aja, tinggal seduh 5-7 kelopak bunga dengan air panas, tunggu 5 menit, siap minum. Rasa dari minuman ini seperti asam jawa. Kalo yang punya sakit maag harus hati hati dan menambahkan kadar airnya. Kalau mau tambah gula boleh juga, tapi lebih baik dicampur pake madu saja sebagai pemanis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar