Sabtu, 18 Februari 2012

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Cengkeh
Obat Herbal : Khasiat Cengkeh
 Cengkeh (Syzygium aromaticum) termasuk jenis tanaman perdu yang bisa mempunyai batang pohon besar & berkayu keras, cengkeh mampu bertahan hidup puluhan bahkan sampai ratusan tahun, tingginya bisa mencapai 20 -30 m & cabang-cabangnya cukup lebat Cabang-cabang dari tumbuhan cengkeh tersebut pada umumnya panjang & dipenuhi oleh ranting-ranting kecil yang mudah patah . Daun cengkeh berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang dengan bagian ujung & pangkalnya menyudut, rata-rata mempunyai ukuran lebar kira-kira 2-3 cm & panjang daun tanpa tangkai berkisar 7,5 -12,5 cm. Bunga & buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendek serta bertandan. Pada saat masih muda bunga cengkeh berwarna keungu-unguan, sesudah itu berubah menjadi kuning kehijau-hijauan & berubah lagi menjadi merah muda jika sudah tua. Umumnya cengkeh pertama kali berbuah pada umur 4-7 tahun. Di Indonesia, Cengkeh cocok ditanam baik di daerah daratan rendah dekat pantai maupun di pegunungan pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut.


Cengkeh banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di Negara Negara eropa. Pohon cengkeh merupakan tanaman tahunan yang bisa tumbuh dengan tinggi 10-20 m. Cengkeh bisa digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuk utuh atau serbuk, di indonesia cengkeh juga digunakan sebagai bahan rokok kretek, sedangkan di cina & jepang cengkeh digunakan sebagai bahan dupa.
  
Cara Mengkonsumsinya :

  • Mengobati Sakit Gigi
gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang sudah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampai halus, kemudian digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, kemudian ditutup dengan kapas. Lakukan 2 x sehari.

  • Membasmi Bau Mulut
 10 butir cengkeh dicuci kemudian diseduh dengan 200 cc air panas, diamkan selama lima menit. sesudah itu, disaring & airnya dipakai untuk kumur-kumur, minumlah setiap hari secara rutin.

  • Obat Masuk Angin
10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas, tambahkan madu secukupnya, diaduk sampai merata kemudian diminum selagi hangat. Lakukan 2 sampai 3 x sehari.

  • Meredakan Kembung
10 butir cengkeh diseduh dengan air panas kemudian diminum sebagai teh. Lakukan 2 sampai 3 x sehari.

  • Radang Lambung
5 butir cengkeh, 5 gr kayu manis, 5 gr biji pala, & 5 butir kapulaga, 15 gr kulit jeruk mandarin, 150 gr lobak, labu parang secukupnya, direbus dengan 1000 cc air panas sesudah itu diminum. Obat batuk, 10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, & gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring kemudian diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 200 cc.

  • Sinusitis
cengkeh secukupnya dikeringkan, digiling sampai menjadi bubuk, kemudian ditiupkan ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupnya. Sebagai obat mual, 10 butir cengkeh, 20 gr asam jawa, & gula aren secukupnya direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. sesudah itu ramuan disaring & diminum selagi hangat untuk 2 x sehari, setiap kali minum sebanyak 100 cc.

  • Obat Sakit Kepala
5 butir cengkeh, 5 gr kayu manis, 5 gr biji pala, & 5 butir merica dihaluskan hingga menjadi bubuk kemudian diseduh dengan 100 cc air panas, sesudah itu diminum.

1 komentar: