Minggu, 19 Februari 2012

Manfaat Dun Pandan bagi Kesehatan

Daun Pandan
Daun pandan merupakan salah satu tanaman yang mengeluarkan aroma yang wangi.Daun ini banyak sekali kegunaannya bagi kehidupan manusia khususnya ibu – ibu rumah tangga, di mana digunakan sebagai pewarna dan pengharum tambahan alami pada makanan.Selain itu Daun pandan wangi ( Pandanus amaryllifolius) ternyata mempunyai khasiat khusus sebagai tonikum, penambah nafsu makan dan penenang.. Zat apa ya kira-kira yang terkandung di dalamnya sehingga mempunyai khasiat Sebagai Penenang ?

Padan Wangi mempunyai kandungan kimia alkaloid, saponin, flavoida, tanin, polifenol dan zat warna. Apakah zat tanin ini sama dengan Tanin yang dimiliki oleh daun teh? Zat Tanin inilah yang saya taksir sebagai biangnya penenang, secara efek Tanin dalam teh juga menenangkan. Jadi paduan Tanin dari teh dan Pandan ini yang mungkin berefek menjadi pulasnya tidur si buah hati.
Selain Tanin, daun pandan ternyata juga mempunyai Polifenol seperti halnya yang terdapat dalam kandungan teh. , menjadikan minuman ini menjadi kaya akan zat-zat yang berguna.

Kandungan kimia daun pandan adalah alkaloid, saponin, flavoida, tanin dan polifenol. ini membuat daun pandan mampu untuk mengatasi :
  • Lemah saraf
Cuci 3 lembar daun pandan, potong kecil-kecil, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, saring kemudian minum pagi dan sore (masing-masing 1 gelas).
Ambil daun pandan secukupnya, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 1/2 gelas di pagi hari dan 1/2 gelasnya di sore hari. Perlahan-lahan tekanan darah akan normal.
  • Penambah nafsu makan
 Potong kecil-kecil 10 gram daun pandan wangi segar. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit hingga tersisa 1 gelas. Minum dua kali sehari.
  • Rematik dan pegal linu
Cuci 3 lembar daun pandan, iris tipis-tipis. Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk hingga merata. Setelah dingin, gosokkan pada bagian yang sakit.
  • Panu
Tumbuk segenggam daun pandan. Ambil airnya dan campur dengan sedikit garam. Minum sehari sekali dan lakukan tiga hari berturut-turut.Menghilangkan ketombe
Tumbuk 10 lembar daun pandan hingga halus. Tambahkan 2 gelas air, saring dan usapkan pada rambut yang sebelumnya sudah dikeramas. Selanjutnya bilas dengan air bersih.
  • Gelisah
Cuci 2 lembar daun, iris tipis dan seduh dengan 1/2 gelas air panas. Setelah dingin, minum sekaligus. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari hingga terasa tenang.

  • Rambut rontok
Buat jus daun pandan. Oleskan pada akar rambut di pagi hari 1-2 jam. Kemudian bilas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar