Rabu, 28 Maret 2012

Mavam-Macam Virus yang Menyebabkan Penyakit

Virus yang penyebarannya ke seluruh tubuh melalui perantaraan darah :

Cacar 
Gejala-gejala tubuh yang terkena virus yang mengakibatkan cacar atau poks akan mengalami demam. Kemudian, timbul gelembung-gelembung bernanah di permukaan kulit wajah, tangan, kaki, bahkan di sekujur tubuh. 


Campak
Gejala-gejalan tubuh yang terjangkit virus campak mengalami batuk, pilek, demam. Setelah menderita demam, timbul bercak merah pada kulit.

Demam berdarah
Virus penyakit yang mengakibatkan demam berdarah adalah salah satu dari empat serotipe virus yang berbeda antigen yang termasuk kelompok Flavivirus. Serotipenya, yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4.

Gejala-gejala tubuh yang terinfeksi virus ini di antaranya mengalami demam secara tiba-tiba disertai sakit kepala yang hebat, sendi dan otot terasa sakit sekali, terasa nyeri di belakang mata, muntah-muntah, serta denyut nadi melemah.

Virus yang penyebaranya hanya pada organ-organ tertentu :


Konjuctivis (radang pada mata)
Gejala-gejala mata yang terjangkit virus ini merasa gatal, kelopak mata terasa bengkak, sering mengeluarkan kotoran mata, mata merah dan berair.

Polio (syaraf)
Virus polio terdiri atas tiga strain, yaitu strain 1 (brunhilde), strain 2 (lanzig), dan strain 3 (leon).

Gejala-gejala tubuh yang terjangkit virus polio ringan: suhu badan panas (tapi suhunya tidak terlalu tinggi), seluruh tubuh terasa nyeri, muntah-muntah, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan mata panas.

Gejala-gejala tubuh yang terjangkit virus polio akut akan mengalami suhu badan yang sangat tinggi, sakit kepala yang hebat sekali, pundak terasa kaku, otot terasa nyeri tak terkirakan, dan sensitifitas kulit berkurang.

Gondong
Virus penyakit gondong menyebabkan penyakit gondong. Virus ini ditularkan melalui udara. Gejala-gejala tubuh yang terinfeksi virus gondong akan mengalami demam.

Selain itu, saat menelan, mengeluarkan air liur, atau membuka mulut, penderita akan merasa sakit, telinga mendengung, pembengkakan di daerah pipi, tidak enak badan serta sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar