Jumat, 13 April 2012

Daun Binahong Atasi Gagal Ginjal

Binahong Merupakan tumbuhan obat yang memiliki nama Latin (Bassela rubra linn) tumbuhan binahong ini memiliki khasiat sebagai tumbuhan obat, tumbuhan binahong ini biasanya hidup diantara, dapat hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi. tumbuhan ini di daerah-daerah biasanya populer dijadikan sebagai tumbuhan obat herbal. Binahong ini berasal dari daerah Asia Khususnya dari Korea, Vietnam dan mudah juga tumbuh di daerah tropis termasuk Indonesia juga.


Tumbuhan ini tumbuh merambat. Hampir semua bagian tumbuhan binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. tumbuhan ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab. binahong adalah herba yang dapat memulihkan stamina yang loyo. Selain meningkatkan vitalitas pria, binahong dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien.

Salah satunya untuk mengatasi gagal ginjal, Berikut caranya :

Untuk mengonsumsinya cukup rebus 10-15 gram daun binahong segar dalam satu gelas air hingga mendidih. Cara lain seduh 1,5 gram daun binahong kering dengan segelas air mendidih. Daun bisa dikeringkan menggunakan oven dengan suhu 50ºC sampai kadar airnya bersisa 10%.
Daun dapat dikeringkan menggunakan oven dengan suhu 50ºC hingga kadar airnya bersisa 10%.

Air rebusan atau seduhan itu dikonsumsi 3 kali sehari, maksimal 4 kali. “Daun binahong juga dapat dikonsumsi sebagai lalapan,” ujarnya. Zainal menyarankan mengonsumsi ramuan itu sebelum makan. “Dalam kondisi perut kosong penyerapan senyawa aktif lebih optimal,” ujarnya.

1 komentar: