Rabu, 04 April 2012

Mata Merah Penyakit Menular

Penyebabnya merupakan iritasi pada lapisan konjungtiva yaitu yang membatasi kelopak mata dan melindungi permukaan bola mata. iritasi ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri dan biasanya bersifat menular.

Konjungtivitis merupakan nama medis untuk penyakit mata yg menular. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan, gatal, terbakar, bengkak dan kemerahan dari lapisan mata  yang melapisi kelopak mata dan meliputi daerah yang terkena dari putih mata. penyebab mencakup

1.    Bakteri atau infeksi virus
2.    Alergi
3.    Zat yang menyebabkan iritasi

Untuk menghindari gangguan mata ini sebenarnya cukup mudah. Yaitu selalu cuci tangan dengan sabun sebelum mengusap wajah atau mata. Jangan berbagi handuk wajah, riasan mata, kacamata surya atau lap kacamata dengan orang lain. Bagi pengguna lensa kontak, selalu bersihkan secara teratur. Jika pernah terinfeksi mata merah pada waktu menggunakan lensa kontak, langsung ganti dengan yang baru.

Jika mata merah lebih dari dua hari, disertai rasa perih dan penglihatan menjadi sensitif terhadap cahaya, segera periksa ke dokter mata. Jangan menundanya, agar iritasi tidak semakin parah.

1 komentar: