Senin, 02 April 2012

Penyakit AIDS Menular

Virus HIV
HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD4 sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun.


Virus HIV menyerang sel CD4 dan merubahnya menjapada tempat berkembang biak Virus HIV baru kemupadaan merusaknya sehingga tidak dapat pada gunakan lagi. Sel darah putih sangat padaperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Tanpa kekebalan tubuh maka ketika padaserang penyakit maka tubuh kita tidak memiliki pelindung. Dampaknya adalah kita dapat meninggal dunia terkena pilek biasa.

Gejala penyakit HIV – Penyakit HIV bukan penyakit yang langsung menimbulkan reaksi sakit pada seseorang. Akan tetapi penyakit ini akan terasa jika telah lama menderita akan tetapi tidak segera padatangani. Ada masa-masa yang akan padajalani dalam tahapan penyakit tersebut.
 
  • Masa 3 bulan pertama
Pada masa sehabis tertular penyakit tersebut tidak terlihat gejala akan tanda-tanda terkenanya penyakit HIV. Pada awalnya sulit padaketahui karena seringkali mirip penyakit ringan sehari-hari seperti flu dan padaare sehingga penderita tampak sehat. Karena pada tubuh belum membentuk antibopada/virus secara sempurna,sehingga tes darah tidak memperlihatkan bahwa orang tersebut telah tertular HIV. Kadang-kadang dalam 6 minggu pertama setelah kontak penularan timbul gejala tidak berupa demam,rasa letih,sakit senpada,sakit menelan dan pembengkakan kelenjar getah bening pada bawah telinga,ketiak dan selangkangan.

  • Masa 5-7 tahun
Pada masa 5-7 tahun yang telah padajalani oleh si penderita maka penyakit tersebut baru dapat terdeteksi dari tes darah. Yang akan menunjukkan adanya antibodi/virus HIV dalam darah. Artinya positif HIV, akan tetapi dalam masa tersebut tidak timbul gejala yang menunjukkan orang tersebut menderita AIDS, atau si penderita masih tampak sehat. Tergantung pada penderita, mulai timbul padaare berulang, penurunan berat badan secara mendadak, sering sariawan pada mulut dan pembengkakan pada daerah kelenjar getah bening.

  • Masa kronis
Dalam masa ini sering disebut masa sebagai penderita AIDS. Gejala AIDS telah timbul dan pada umumnya si penderita dapat bertahan 6 bulan hingga 2 tahun dan kemupadaan meninggal. Karena pada masa ini virus tersebut telah menjalar dan sistem imun pun mulai menurun sehingga mudah sekali terkena penyakit.

Maka baru akan timbul gejala-gejala seperti berikut :

1. Saluran pernafasan

2. Saluran Pencernaan

3. Berat badan tubuh

4. System Persyarafan

5. System Integument (Jaringan kulit)

6. Saluran kemih dan Reproduksi pada wanita


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar