Senin, 02 April 2012

Penyakit Liver Menular

Penyakit Liver merupakan penyakit hati menahun  yang ditandai dengan proses peradangan (hepatitis), nekrosis (kematian jaringan) hati, penambahan jaringan ikat (yang batasnya tidak jelas) dengan terbentuknya gumpalan – gumpalan / pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.

Penyakit ini memang jarang mewabah, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang terkena. Organ yang terserang merupakan liver (hati). Liver, organ dalam yang paling besar dan penting peranannya, terutama dalam metabolisme segala jenis makanan.


Penyebab sakit liver karena adanya gangguan pada pencernaan. Gejalanya mungkin berupa sakit kuning (ikterus) dimana kulit dan putih mata menjadi kuning, karena adanya bilirubin yang berlebihan dalam plasma darah.

Bilirubin merupakan zat warna yang diproduksi hati ketika sel-sel darah merah yang rusak diolah, dan biasanya bercampur dengan air empedu yang disimpan kantung empedu dan masuk ke dalam usus dan darah menyebabkan warna kulit dan putih mata menjadi kuning.

Penyakit kuning ini bermacam-macam, hepatitis (radang hati) dan sirosis (pengerasan hati) merupakan beberapa diantaranya. Kedua jenis penyakit ini seringkali merupakan akibat dari penyalahgunaan alkohol. Ada pula jenis sakit kuning yang menyerang bayi baru lahir, namun tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Umumnya karena rusaknya sel-sel darah merah ekstra yang dibutuhkan bayi setelah ia lahir.

Pencegahan Penyakit Liver :

1. Minum air yang telah dimasak sampai mendidih.

2. Makan makanan yang baru dimasak.

3. Makan buah-buahan yang baru dikupas.

4. Lindungi makanan dari lalat/kecoa/tikus.

5. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih setelah dari kamar mandi atau menyiapkan hidangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar