Jumat, 17 Februari 2012

Atasi Sariawan dengan Tumbuhan Herbal

Sampel Sariawan
Sariawan / stomatitis merupakan radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan. Bercak itu bisa berupa bercak tunggal maupun berkelompok. Sariawan bisa menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Meskipun tidak tergolong berbahaya, namun sariawan sangat mengganggu.

Sariawan bisa disebabkan oleh kondisi mulut itu sendiri, seperti kebersihan mulut yang buruk, pemasangan gigi palsu, luka pada mulut karena makanan / minuman yang terkemudian panas, dan kondisi tubuh, seperti adanya alergi / infeksi.
Sariawan disebabkan oleh kurangnya zat besi, vitamin B12, vitamin C, tetapi bisa juga timbul karena stress, / tergigit oleh gigi ketika makan.


Obat Herbal mengobati sariawan : 

Daun Jambu Biji
Rebus dalam 1 liter air: 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batangnya. Saring air hasil rebusan dan minum sehari 2 x

Daun Sirih
Petik 1 atau 2 lembar daun sirih. Cuci daun hingga bersih kemudian kunyah hingga lumat. Biarkan daun sebentar di dalam mulut; terutama di bagian yang terkena sariawan.

Rimpang Temu Kunci
Rimpang temu kunci bisa dii kunyah kemudian di telan. Mengunyah irisan rimpang bersama pinang selain bisa menyembuhkan sariawan juga bisa menyembuhkan batuk kering.

Asam Jawa
3 jari asam jawa (dibuang bijinya) dan gula merah secukupnya rebus dengan air secukupnya. Rebusan disaring, airnya diminum selagi hangat.
Pemakaian : secara teratur 2 x sehari.

Daun Kembang Sepatu
30 gr daun kembang sepatu dicuci bersih, potong-potong, kemudian seduh dengan 100 mL air mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring.
Pemakaian : Minum 3 x sehari, masing-masing 100 mL.

Kunyit
Cuci bersih 20 gr kunyit yang telah diiris-iris, 20 gr asam jawa tanpa biji, dan 20 gr daun saga segar. Potong-potong semua bahan, kemudian seduh dengan 500 mL air hingga tersisa 200 mL. Setelah dingin saring. Minum 2-3 x sehari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar