Jumat, 17 Februari 2012

Obat Herbal : 9 Tips Atasi Kolesterol

Tips Atasi Kolesterol
 
Jika selera nafsu makan naik, apa saja masuk kedalam mulut, apa lagi kalo laper.. tapi dikarenakan berlebihan makan makanan yang tak jelas asal muasalnya, jadi timbulnya kolesterol pun semakin  memungkinkan. Kolesterol merupakan unsur penting dalam cairan empedu yang mampu mencernakan lemak dalam semua membran, terutama sel-sel di otak dan sel-sel saraf. Bila berlebihan, kolesterol menimbulkan kerusakan. Kolesterol sendiri berasal dari lemak, yang merupakan zat berguna untuk menjalankan fungsi tubuh. Lemak yang termakan terdiri atas lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Kolesterol tinggi selama ini memainkan peranan yang penting untuk menyumbatkan pembuluh darah. Akibat penyempitan pembuluh darah itu, seseorang bisa secara tiba-tiba terkena stroke atau jantung koroner. Upaya mengikis kolesterol jahat tak harus dengan obat-obatan modern. Karena obat herbal  buah dan sayuran yang sudah tak asing lagi bagi keluarga Indonesia, yaitu wortel dan alpukat ternyata memiliki manfaat yang bisa menggelontorkan kolesterol jahat dari dalam tubuh.
Lemak bersama karbohidrat di dalam tubuh akan diproses menjadi suatu senyawa yang disebut asetil koenzim-A. Dari asetil koenzim-A ini membentuk beberapa zat penting, seperti asam lemak, trigliserid, fosfolpid dan kolesterol.

Lemak di dalam darah terdiri atas beberapa jenis, yaitu kolesterol, trigliserida, fosfolipid, dan asam lemak bebas. Lipoprotein dibagi menjadi lima bagian, yaitu kilomikron, very low density lippoprotein (VLDL), intermediate density lipoprotein (IDL), low density lipoprotein (LDL), dan high density lipoprotein (HDL).
Dari kelima jenis itu yang penting diketahui merupakan LDL, yang sering disebut kolesterol jahat karena efeknya yang arterogenik (mudah melekat pada dinding pembuluh darah), sehingga menyebabkan penumpukan lemak. Sementara HDL merupakan kolesterol baik yang memiliki efek antiarterogenik.
Alpukat juga kaya serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini mampu menurunkan kadar trigliserid dan kolesterol darah yang tinggi.

Wortel juga mampu menghadang laju kolesterol darah. Vitamin C pada tanaman ini bermanfaat sebagai antioksidan yang melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi.

Lainnya yaitu buah belimbing manis, juga mengandung protein, lemak, kalsium, foffor, besi dan vitamin A, B dan C. Buah ini bermanfaat sebagai antiinflamasi, peluruh kencing (diuretik) dan peluruh air liur (sialagoga).
Berikut resep yang ditawarkan Drs Sudhaswadi Wiryodidagdo, Dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Jakarta yang secara impiris turun-temurun sebagai penggelontor kolesterol.
 
Kegunaan dan Cara Pakai ;
1.alpukat.
 Bahan; 1/2 - 2 buah alpukat matang. Pemakaian; buah alpukat dimakan begitu saja sebagai buah. Lakukan setiap hari.

2. wortel. 
Bahan; 5 buah wortel segar ukuran sedang. Pemakaian; wortel dicuci bersih, lalu diblender atau diparut, kemudian diperas dan disaring. Minum airnya sekaligus, lakukan setiap hari.

3. jamur lingzhi. Bahan; 10 gram jamur lingzhi. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

4. rumput laut. Bahan; 30 gram rumput laut kering
Pemakaian; rumput laut digiling menjadi bubuk. Minum air tersebut setiap hari.

5. belimbing manis. Bahan; 2 buah belimbing manis besar. Pemakaian; buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan makan malam, masing-masing 1 buah.

6. asam. Bahan; 12 gram daun asam segar. Pemakaian; daun asam dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

7. bawang merah. Bahan; 20 gram bawang merah segar. Pemakaian; Bawang merah diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.
8. bawang putih.
Bahan; 1-2 siung bawang putih. Pemakaian; bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil. Lalu ditelan.

9. buncis. Bahan; 30 gram buncis segar. Pemakaian; buncis dicuci bersih, lalu rebus. Rebusan buncis ini dimakan bersama nasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar