Jumat, 17 Februari 2012

Minuman Jahe Baik untuk Tubuh

Minuman Jahe
 Minuman Sehat

Manfaat jahe bagi kesehatan sudah diketahui sejak jaman dulu. Orang dulu memanfaatkan manfaat jahe untuk melakukan pengobatan secara alami & terbukti, jahe bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selai itu, jahe juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan & minuman wedang jahe. Di masa modern seperti sekarang ini, banyak olahan yang dibuat dari baha  jahe.

Tanaman jahe telah lama diketahui & tumbuh baik dinegeri kita. Jahe adalah salah satu rempah - rempah penting. Rimpangnya sangat luas dipakai :
* sebagai bumbu masak
* kembang gula
* berbagai minuman
* pemberi aroma & rasa pada makanan


Jahe juga dimanfaatkan dalam industri obat, minyak wangi & jamu tradisional. Jahe mudah dimakan sebagai lalaban, diolah menjadi asinan & acar. Disamping itu, karena bisa memberi efek rasa panas dalam perut, maka jahe juga dimanfaatkan sebagai bahan minuman seperti bandrek, sekoteng & sirup.

Selama bertahun-tahun, setiap kali terserang flu, pilek & sakit kepala, saya akan mengambil jahe segar (500 gr). Jahe segar ini kemudian diiris & direbus dalam air panas selama 20 menit, lalu tambahkan gula merah (100 gr), kemudian minum 4 hingga 5 kali sehari. Banyak orang telah memanfaatkan resep ini & sembuh dari flu & pilek.

Rebusan air jahe hangat bisa mengobati berbagai penyakit ringan seperti:

Tekanan darah tinggi
Rendam kaki dalam air jahe hangat  selama 15 menit. Metode ini membantu sirkulasi darah dengan cara refleksologi untuk menurunkan tekanan darah.

Sariawan 
Rebus jahe segar (800 gr) & masukkan ke dalam mangkok yang siap dimanfaatkan. Manfaatkanlah rebusan air jahe hangat tersebut untuk berkumur, 2-3 kali sehari. Enam hingga sembilan kumuran akan memiliki hasil yang luar biasa.

Periodontitis
Kumur mulut dengan air jahe hangat pada pagi & malam hari. jikalau tenggorokan terasa sakit atau gatal, jahe hangat bisa ditambahkan garam & manfaatkan 2-3 kali sehari.

Kerusakan gigi
Kumurlah mulut dengan jahe hangat pagi & malam hari. Minum air jahe sebagai minuman sehari-hari bisa membantu mencegah & meringankan gejala tersebut.

 Migren
Rendam tangan dalam air jahe hangat selama 15 menit. Cara semacam ini bisa membantu meringankan rasa sakit.

Mabuk
Minumlah air jahe hangat. Ketika seseorang mabuk, air jahe akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh. bisa pula ditambahkan madu untuk meningkatkan rasa.

Jerawat
Cuci wajah dengan air jahe hangat pagi & malam hari. Kondisi ini akan bisa meringankan bahkan menghilangkan jerawat dalam waktu 60 hari. Cara ini bisa pula diterapkan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam & kulit kering.

Nyeri Pinggang & Punggung
Tambahkan sedikit garam & cuka ke dalam air jahe hangat. Rendamlah handuk dengan air ini. Kemudian bilas & tempel pada tempat yang terasa sakit. Ulangi beberapa kali. Metode ini bisa melemaskan otot & membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi rasa sakit.

Kaki Bau
Tambahkan garam & cuka ke dalam air jahe hangat. Rendam kaki selama 15 menit. Kemudian keringkan kaki dengan handuk lalu taburkan bedak talk. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar