Senin, 13 Februari 2012

Khasiat Sirih Merah untuk Jantung dan Diabetes

Daun Sirih Merah
 Khasiat Sirih Merah untuk Jantung dan Diabetes

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat tanaman sirih merah, pada hal ini adalah manfaat daunnya. tanaman sirih merah ini tidak sulit untuk dibudidayakan. Efek dari zat aktif yang terkandung daun sirih merah dapat merangsang saraf pusat dan daya pikir.
manfaat daun sirih merah (suruh merah) sudah tidak diragukan lagi. Sebenarnya manfaat daun sirih tidak begitu beda antara daun sirih merah ataupun daun sirih hijau (biasa).
manfaat Daun Sirih Merah
Senyawa-senyawa kimia yang terkandung pada sirih merah memiliki manfaat sebagai berikut: Senyawa flavonoid dan polivenol berfungsi sebagai antikanker, antiseptic, antiflamasi, antioksidan, dan antideabetik,. 


Suatu penelitian yang dilakukan dengan media tikus putih membuktikan bahwa rebusan daun sirih merah yang diberikan kepada tikus putih yang telah terkena diabetes dapat menurunkan kadar gula pada darah pada tikus putih tersebut ini membuktikan bahwa Sirih merah dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah dan mengontrol kadar gula darah pada tubuh penderitadiabetes militus yang di konsumsi secara rutin. selain bermanfaat sebagai pengontrol dan penurun kadar gula darah pada tubuh sirih merah juga dapat dimanfaatkan untuk pemulihan penyakit-penyakit lain seperti Hipertensi, radang lever, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kanker payu dara, Hipertensi, radang lever, radang prostat, radang mata, nyeri sendi dan juga dapat dimanfaatkan sebagai penjaga stamina.

Anjuran untuk Penyakit Diabetes
    Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk.
   Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil.
   Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas.
   Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.

Anjuran Untuk Penyakit Jantung

    Petik daun sirih merah berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar.
    Cuci bersih, kemudian diiris kecil-kecil.
    Kemudian irisannya direbus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, setelah itu disaring.
    Ramuan ini diminum selagi hangat, dua kali sehari sebelum makan, sekali minum satu gelas.

ok.. :) Selamat Mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar