Senin, 13 Februari 2012

Konsumsi Labu Siam = S E H A T

Labu Siam
Tentang Labu Siam.

Buah Labu Siam bukanlah sayuran asing bagi sebagian Masyarakat  Indonesia. tanaman ini banyak jenis panggilannya, seperti labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur), serta waluh siam (Jawa Barat). Sedangkan diluar Indonesia disebut chayote.
Meskipun bentuknya tidak  wah..!  Labu Siam banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Jenis tanaman ini banyak ditanam di kawasan Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Di Meksiko, tanaman labu siam tidak hanya dimanfaatkan buahnya sebagai sayuran, umbinya juga sebagai bahan pangan sumber karbohidrat.
Dalam kehidupan sehari-hari, labu siam dikenal sebagai sayuran buah yang menyehatkan. Buahnya bisa dimasak sebagai lalapan, sayur lodeh, oseng-oseng, atau sayur asam. Labu siam (Sechium edule Sw) adalah tanaman yang termasuk dalam keluaraga besar  Cucurbitaceae. Berdasarkan penampilan buahnya, labu siam terbagi menjadi dua varietas, yaitu varietas labu Siam dan varietas labu anggur. Varietas labu siam memiliki ukuran buah besar.


Buah ini siam memiliki kadar serat yang cukup bagus, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat bagus untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

Kandungan air yang tinggi pada labu siam membuatnya sangat bagus untuk melindungi kesehatan ginjal. Labu siam juga mengandung asupan saponin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan saponin sangat bermanfaat untuk menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol di dalam darah. Pada labu siam juga terkandung asupan tanin yang bersifat antimikroba, serta alkaloid yang mampu memperlancar peredaran darah sehingga mencegah penyakit stroke. Selain itu, labu Siam juga bagus untuk penderita sariawan. 

Cara Mengkonsumsimnya : 

Cegah kanker: buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup bagus, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat bagus untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

Makanan baik wanita hamil: asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian neural tube defects (gangguan otak). Kandungan asam folat pada buah labu siam juga cukup bagus, yaitu 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gram labu siam setiap hari cukup untuk memenuhi 23,25 % kebutuhan tubuh bayi terhadap asam folat.

Cegah hipertensi: buah labu siam juga kaya terhadap Kalium yang  bermanfaat bagi tubuh untuk mengontrol tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf serta memperlancar dan keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar. Untuk itu, penderita tekanan darah tinggi bagus secara rutin mengkonsumsi labu siam.

Turunkan kolesterol: buah labu siam juga mengandung asupan vitamin yang cukup tinggi. Niasin adalah bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk merendahkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Mengkonsumsi rutin berbagai olahan labu siam sangat bagus untuk merendahkan kolesterol.

Atasi asam urat: Labu siam juga sangat bagus bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam terhadap melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

Diabetes mellitus: Hal itu disebabkan pada labu siam terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi mterhadapan pokok secara berlebihan. Konsumsi rutin labu siam yang telah dikukus, karena kandungan patinya mengenyangkan.

Gusi Berdarah: Parut labu siam secukupnya, beri dua sendok air matang dan satu sendok madu, minum 3 kali sehari, untuk menyembuhkan sariawan, mterhadap sebagai lauk setelah dikukus atau direbus.

Tumit Hitam: getah labu siam, dioleskan di tempat tersebut, biarkan hingga kering kemudian dicuci tumit hingga bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar