Minggu, 19 Februari 2012

Manfaat Kapulaga bagi Kesehaatan

Kapulaga
Manfaat Kapulaga bagi Kesehaatan

Ternyata rempah-rempah tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan penyedap makanan, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Aneka rempah dapat menjadi obat herbal. Salah satunya adalah Kapulaga.

Kapulaga merupakan sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu.
Kapulaga (Amomum cardamomum) selama ini diketahui sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu. Di beberapa daerah kapulaga diketahui dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain.

Orang Tionghoa menyebutnya pai thou kou (bahasa Tionghoa). Orang Yunani biasa menyebut cardamomom yang kemudian dilatinkan oleh orang Romawi menjadi cardamomum. Dalam bahasa Thai disebut krava, elaichi dalam bahasa Hindi, dan elakkaai dalam bahasa Tamil.
Karena laku di pasar dunia, kemudian banyak ditanam di Sri Lanka, Thailand, dan Guatemala. Di Indonesia mulai dibudidayakan sejak 1986.

Dalam perdagangan kemudian ditawarkan juga varietas kapulaga lain dari pegunungan tinggi Mysore (India) yang buah lonjongnya lebih membulat, dan lebih disukai karena lebih sedap. Berbeda dengan kapulaga Malabar yang tandan bunganya merayap, tandan bunga kapulaga Mysore tumbuh tegak.
tumbuhan kapulaga merupakan tumbuhan herbal yang membentuk rumpun, bentuknya semacam tumbuhan jahe, dan dapat mencapai ketinggian 2-3 meter. pada umumnya kapulaga tumbuh di hutan-hutan yang masih lebat. Kapulaga hidup subur di ketinggian 200-1.000 meter di atas permukaan laut.

tumbuhan kapulaga awalnya memang hidup liar, namun kini kapulaga dibudidayakan sebagai tumbuhan rempah. Bunga tumbuhan ini tersusun dalam tandan yang keluar dari rimpangnya.
Buahnya berkumpul dalam tandan kecil dan pendek. Di dalamnya terdapat biji yang berbentuk bulat  memanjang.
Buah kapulaga muncul dari batang semu dekat tanah, dan merayap bersama tandannya yang sepanjang 1 m, ke tanah sekitarnya.

Kapulaga dapat Mengatasi :

Radang Tenggorokan 
Buah Kapulaga (tumbuk kasar)   10 butir
Rimpang Kunyit (tumbuk kasar)   6 gram
Air mendidih   100 ml

Cara Pemakaian ;
Diseduh, kemudian Diminum 2 x sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml. Diulang selama 7 hari.

Membasmi Bau Mulut
 
Buah Kapulaga   10 butir
Daun Pegagan   1 genggam
Air   secukupnya

Cara pemakaian:
Dipipis.Diminum 1 x sehari, pagi hari 1/4 cangkir.
Diulang selama 7 hari. Untuk perawatan diminum 3 x seminggu. Usahakan buang air besar secara teratur, dan gosok gigi setelah makan.

Perut Kembung dan Mulas 
Buah Kapulaga(sangrai dan tumbuk kasar)   7 butir
Biji Jati Belanda(disangrai dan tumbuk kasar)   10 butir
Air mendidih   100 ml

Cara Pemakaian ;
Diseduh, Diminum semacam minum teh, sehari 100 ml.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar