Minggu, 05 Februari 2012

Solusi untuk Diabetes


Diabetes 
Solusi untuk Diabetes

Diabetes melitus yaitu suatu komplikasi gangguan kesehatan di mana kadar gula dalam darah seseorang menjadi tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Pada orang yang sehat karbohidrat dalam makanan yang dimakan akan diubah menjadi glokosa yang akan didistribusikan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi dengan bantuan insulin. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi yang nantinya dapat memberikan efek samping yang bersifat negatif atau merugikan.
Oleh sebab itu sangat dianjurkan melakukan perawatan yang serius bagi penderita serta melaksanakan / menjalani gaya hidup yang sehat serta baik bagi yang masih sehat maupun yang sudah sakit.

Penelitian  ilmiah baru-baru ini telah mengkonfirmasi kemanjuran banyak tanaman dalam mengelola kadar gula darah penderita diabetes. tiga di antaranya :
Brotowali (Tinaspora Crispa)
Tanaman brotowali tercantum senyawa aktif tinokrisposid berkhasiat mempercepat keluarnya glukosa melalui peningkatan metabolisme atau disimpan secara langsung sebagai lemak. Penelitian dari RS King Chulalangkorn di Thailand terhadap 36 pasien yang diberi ekstrak brotowali menunjukkan penurunan gula darah yang signifikan. Bagian yang paling sering digunakan dari brotowali yaitu batang serta akarnya yang secara tradisional direbus untuk diminum. Uji klinis menunjukkan brotowali tidak beracun sehingga aman dikonsumsi.
Pare/Paria (Momordica charantia)
Pare atau paria yaitu sayuran tropis dibudidayakan secara luas di Asia, Afrika serta Amerika Selatan, serta telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat diabetes. Pare tercantum steroid saponin yang dikenal sebagai charantin, peptida yang menyerupai insulin. Cara tradisional mengkonsumsi pare sebagai jamu yaitu dengan memerasnya sebagai jus. Seperti brotowali, rasanya pahit sekali. Berhati-hati jangan terlalu banyak mengkonsumsi pare, karena dapat menyebabkan sakit perut serta diare. Minum dalam porsi sedikit, misalnya setengah gelas, namun teratur lebih baik bagi kesehatan.
Gymnema Sylvestre
Gymnema yaitu tanaman merambat seperti sirih yang tumbuh di hutan tropis. Daunnya bulat telur (elips) serta bunganya berwarna kuning kecil berbentuk seperti lonceng. Bahan aktif tanaman ini, asam gymnemic, diekstrak dari daun serta akar, serta membantu menurunkan serta menyeimbangkan tingkat gula darah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar