Selasa, 14 Februari 2012

Temulawak, Tuntaskan segala Penyakit

T e m u l a w a k
Temulawak Musuh bagi segala Jenis Penyakit.

 Temulawak (Curcuma Xanthoriza) yang berasal dari keuarga besar Zingiberaceaebanyak dijumpai di hutan-hutan Indonesia. Juga dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Rimpang temulawak mengandung curcumin yang memiliki khasiat alami sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepatotoksik yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati (radang hati). Selain itu khasiat alami temulawak mampu mengatasi beberapa penyakit berat lainnya seperti radang empedu, radang ginjal dan batu empedu, dan anti tumor atau kanker.temulawak juga serung digunakan untuk kosmetik juga pewarna makanan

Cara pemakaian temulawak untuk kecantikan dan berbagai jenis penyakit:
Untuk obat yang diminum, gunakan 2 jari rimpang segar, lalu rebus. Cara lain, seduh rimpang yang telah dikeringkan dengan air panas. Untuk pemakaian luar, cuci rimpang sampai bersih, lalu parut. Hasil parutannya dapat digunakan sebagai masker untuk mengobati jerawat dan flek hitam dimuka.

Manfaat serta cara pakai :

Pelancar ASI
Khasiat dan manfaat temulawak untuk pelancar ASI bisa encoba membuat ramuan sebagai berikut, Cuci 20g rimpang segar temulawak, lalu parut. Hasil parutannya peras dan saing, lalu ditim sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan 2 sdm madu sambil diaduk rata, lalu diminum. Lakukan pagi dan sore dengan takaran yang sama banyak.

Menurunkan kadar kolesterol darahtinggi
Khasiat dan manfaat temulawak untuk menurunkan kadar kolesterol. Kupas kulit rimpang temulawak segar sebesar 3 jari, lalu parut. Tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum. Lakukan setiap hari.

Untuk gangguan lever 
Gunakan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.

Untuk peluruh haid
 gunakan 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.

Bila sakit radang kandung empedu
gunakan 30 gr temulawak diiris-iris lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Untuk mengatasi batu empedu
 Gunakan 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air       hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.


Menurunkan kadar kolesterol tinggi
 Gunakan 20 gr temulawak kering ditumbuk halus lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan      diminum hangat-hangat.

Mengatasi masalah radang lambung
Gunakan 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Mengobati batuk dan radang saluran nafas
Gunakan 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.

secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

oleh : Hendra kurniawan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar