Senin, 19 Maret 2012

Diet Untuk Penderita Diabetes

Pada umumnya diet sehat untuk diabetes tidak mempunyai perbedaan dengan diet sehat pada umumnya. Makanlah dengan porsi yang cukup untuk mencegah terjadinya kenaikan berat badan, termasuk didalamnya buah – buahan dan sayuran, padi , ikan, sepotong kecil daging, buncis, kacang dan minyak cair. Batasi makan makanan seperti keripik, kue, dan es krim yang biasanya mengandung kalori tinggi dan sering menjadi makanan penutup kita.

Jika terlalu kegemukan, maka bisa lakukan olahraga selama 30 menit sehari untuk menurunkan berat 5%-10 %. Untuk penderita diabetes tipe 2, maka menurunkan berat badan merupakan suatu hal yang penting.

Namun, bila anda termasuk penderita diabetes yang sering sekali buang air kecil, sering kelaparan, penurunan berat badan yang susah untuk dijelaskan, kelelahan, penglihatan kabur, atau sering mengalami infeksi, maka anda harus segera ke dokter untuk tes darah. Dengan mengatur pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat, maka diabetes bisa terkendali.

1. Makan teratur
Anda bisa dengan mudah menjaga kadar gula darah di bawah kontrol jika Anda makan secara teratur. Jika Anda menbisakan insulin, ahli diet atau dokter akan menjelaskan pentingnya menyeimbangkan makanan dengan suntikan dan secara bertahap menemukan cara Anda sendiri agar asupan makanan Anda memproduksi energi. Hal ini mungkin sulit pada awalnya, tapi dengan disiplin yang baik Anda bisa melakukannya. Umumnya, Anda harus mengkonsumsi makanan besar atau makanan ringan setiap 3-4 jam dan mengambil obat-obatan atau suntikan untuk membantu mengendalikan kadar gula Anda. Jika Anda bekerja di malam hari, Anda mungkin perlu makanan tambahan atau makanan ringan.

2. Mengontrol berat badan
Penderita diabetes yang kelebihan berat badan sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Anda perlu mengikuti beberapa panduan sederhana berikut untuk menurunkan berat badan. (Ingatlah bahwa satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan adalah mengkonsumsi kalori makanan kurang dari yang Anda butuhkan untuk kegiatan sehari-hari).
  • Makanlah dengan porsi lebih sedikit
  • Kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan berlemak
  • Kurangi makanan ringan seperti keripik dan biskuit, ganti dengan buah-buahan atau jus tanpa gula
  • Tingkatkan aktivitas fisik dan olah raga
3. Makan sumber karbohidrat yang tepat
Karbohidrat dicerna di dalam tubuh sehingga menghasilkan glukosa, yang memberikan Anda energi. Ada dua jenis karbohidrat: gula dan tepung.
Makanan bergula seperti minuman ringan, permen, cokelat, biskuit manis dan puding sebaiknya dihindari karena sangat cepat menyebabkan lonjakan glukosa darah. Anda bisa memilih makanan/minuman berpemanis buatan seperti sakarin atau aspartam, namun penggunaan berlebihan dalam jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karbohidrat dari tepung seperti nasi, roti, kentang, pasta, sereal dan buah lebih lambat diserap tubuh dan merupakan sumber energi yang baik. Anda bisa mengkonsumsinya secara teratur sepanjang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar