Selasa, 27 Maret 2012

Jenis-Jenis Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah atau lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah.
Berikut Jenis-Jenis Penyakit Jantung :



Abnormal Heart Rhythms

Normalnya jantung berdetak 60-100 kali setiap menit (atau sekitar 100 ribu kali setiap harinya). Jantung yang bedetak tidak normal biasanya disebut arryhytmia (sering juga disebut dengan dysrhythmia). Jantung yang berdetak terlalu lambat (dibawah 60 kali per menit) disebut bradyarrhythmias. Sedangkan yang berdetak di atas 100 per menit disebut dengan tachyarrhytmias.

Menyerang Pada Otot jantung  (Cardiomyopathies)

Menyerang Pada Otot jantung itu sendiri. Mereka yang terserang penyakit ini biasanya mengalamai pembesaran atau pengecilan jantung secara tidak normal dan atau bahkan menjadi kaku. Hal itu menyebabkan jantung memompa darah secara tidak normal (menjadi lebih lemah). Tanpa penanganan yang baik, cardiomyopathies akan menyebabkan penyakit yang lebih buruk seperti gagal jantung atau menyebabkan jantung berdetak tidak normal.

Rusaknya katup jantung  (Heart Valve Disease)


Katup jantung terbisa pada setiap bilik jantung (jantung kita mempunyai empat buah bilik) yang berfungsi mengatur aliran darah searah menuju jantung.
Radang Yang Mengelilingi Lapisan Jantung(Pericarditis)

Kondisi ini jarang terjadi dan biasanya disebabkan oleh infeksi. Ada banyak faktor yang menyebabkan kerentanan terhadap penyakit jantung. Faktor utama adalah gaya hidup yang menyebabkan seolah-olah kita membangun penyakit tersebut di dalam tubuh. Tapi ada beberapa faktor yang memang tidak bisa diubah, seperti bertambahnya umur dan juga faktor keturunan.

Gagal Jantung  (Heart Failure)
merupakan pemyakit jantung yang paling menakutkan. Bukan berarti jantung tidak bisa bekerja sama sekali, hanya saja jantung tidak berdetak sebagaimana mestinya.

Kelainan Pada Jantung  (Congenitas Heart Disease)

Menyerang 8-10 anak dari setiap 1000 kelahiran. Gejala awal biasanya terdeteksi saat kelahiran atau pada masa kanak-kanak. Di Amerika, sekitar 500 ribu orang mengalami kelainan jantung pada masa pertumbuhannya dan bertambah sektar 20 ribu orang setiap tahunnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar