Jumat, 02 Maret 2012

Obat Herbal yang dapat Membantu Mengatasi DBD

 Obat Herbal yang dapat Membantu Mengatasi DBD
 
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) {bahasa medisnya disebut Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)} adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang mana menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan. Banyak sekali ancaman bagi kesehatan yang perlu diwaspadai, diantaranya adalah penyakit demam berdarah. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) {bahasa medisnya disebut Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)} adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Banyak orang yang mengaku berhasil terselamatkan dari demam berdarah berkat jus jambu biji. Tertolongnya pasien DBD berkat jambu biji, bisa jadi bukan karena jambunya, tapi karena cairan jus yang masuk ke tubuh pasien dalam jumlah banyak. Cairan itu, apalagi jika diminum hingga 5 atau 6 gelas sehari, amat dibutuhkan pasien yang kehilangan banyak plasma darah akibat penurunan trombosit.

Gejala-gejala yang timbul saat DBD menyerang tubuh kita, adalah : 
  1. Demam tinggi terus menerus. Suhu badan sekitar 39 – 40 derajat Celcius. Hal ini menyebabkan sakit kepala pada penderita.
  2. Demam tanpa disertai batuk-batuk.Sakit perut atau mual.
  3. Badan terasa pegal atau nyeri pada persendian.
  4. Muncul bintik-bintik merah, tetapi hal ini tidak sekemudian terjadi pada setiap kasus.
 
Berikut obat herbal yang dapat membantu mengatasi DBD :
  • Alang-alang
Sifat diuretik yang mengeluarkan cairan tubuh tak berguna ini berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah yang cenderung tinggi. Sifat hemostatik yang bisa menghentikan perdarahan dapat juga dikhasiatkan untuk mengatasi mimisan dan perdarahan di dalam.

Cara pakai : ambil satu ikat atau gulung akar alang-alang. Cuci dan rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Campur air perasan satu buah jeruk nipis dengan tiga sendok makan air alang-alang tersebut. Pakai seperlunya. Tambahkan pemanis bila ramuan ini ditujukan untuk anak-anak.
  • Jambu Biji
Berkat kandungan vitamin C dosis tinggi inilah, kekebalan tubuh dalam melawan bakteri akan meningkat. Proses penyembuhan luka pun jadi lebih cepat. Selain itu, tekanan darah juga menjadi lebih baik karena buah ini merupakan sumber potasium yang baik. Untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal, pilih buah yang baru saja masak dan masih berwarna hijau kekuningan. Bila sudah masak, simpan di lemari es. Jangan lupa cuci dulu sebelum dibuat jus.
  • Kelapa muda
Di dalam air kelapa muda terkandung mineral kalium, sodium, klorida, dan magnesium. Zat-zat ini adalah elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatasi ancaman syok pada kondisi kekurangan cairan. Selain kalium, juga mengandung gula, vitamin B dan C dan protein. Komposisi gula dan mineral yang terdapat dalam air ini begitu sempurna, sehingga disebutkan mempunyai keseimbangan yang mirip dengan cairan tubuh manusia.
Siapkan 5 lembar daun pepaya, kemudian campurkan berturut-turut dengan temulawak, gula merah, dan meniran secukupnya Masukkan campuran tersebut ke dalam air secukupnya. kemudian rebus hingga masak. Dinginkan sebelum diminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar