Jumat, 06 April 2012

Gejala Sakit Mata

Sakit mata yang biasa terjadi salah satunya merupakan flu mata / bahasa medisnya merupakan conjunctivitis. Penyakit ini merupakan penyakit mata menular yang biasa diketahui orang awam dengan istilah Belekan. Sakit mata ini sangat mudah terjadi pada saat kondisi cuaca panas, sebab cuaca yang panas akan memicu virus dan bakteri berkembang biak.


Berikut gejala-gejala yang berhubungan dengan sakit mata:

  • Mata-Mata Berair. Air mata membantu melumasi mata-mata dan mengeluarkan benda-benda asing dan partikel-partikel. Bagaimanapun, pada beberapa kasus-kasus mata-mata memproduksi jumlah airmata yang berlebihan / mengalirkan dengan tidak sesuai. Mata-mata dapat berair untuk beberapa sebab-sebab, termasuk kehadiran dari alergi-alergi. 
  • Mata Bengkak Selain menimbulkan warna merah, peradangan juga akan menyebabkan mata jadi bengkak, terutama kelopak mata. Karena bengkak, mata juga akan terasa kemeng.
  • Mata Keluar Kotoran. Sakit mata ini ditandai dengan adanya kotoran yang cukup banyak dimata, bahkan keluar terus-menerus. Kotoran tersebut biasanya kental.
  • Mata Tidak dapat Dibuka. Pada kondisi yang sudah parah, mata tidak daoat dibuka. Sebab, mata sudah terlalu lelah dan banyak kotoran yang dikeluarkan, sehingga mata menjadi lengket
  • Gatal-Gatal dan Rasa Terbakar. Histamine dan kimia-kimia lainnya yang dilepaskan sewaktu suatu reaksi alergi, menghasilkan gejala-gejala ini. Infeksi-infeksi virus dan bakteri juga dapat menyebabkan gejala-gejala ini, seperti juga paparan pada bahan-bahan pengotor (pollutants) seperti asap rokok / bahan-bahan pengotor industri.
  • Kemerah-merahan. Suatu mata yang sehat seharusnya mempunyai pembuluh-pembuluh darah merah yang terlihat (visible). Bagaimanapun, kemerah-merahan yang kronis dan berlebihan merupakan suatu tanda bahwa mata-mata teriritasi, kemungkinan oleh suatu alergi.
  • Lingkaran-Lingkaran Hitam. Kadangkala diketahui sebagai "mata biru alergi" ("allergic shiners"), mereka merupakan akibat dari menggosok dan menggaruk yang terus menerus dari kulit, yang menyebabkan suatu efek penggelapan.
  • Kepekaan Cahaya (photophobia). Ini merupakan suatu ketidakmampuan seseorang untuk mentoleransi cahaya, terutama cahaya terang. Ini dapat dihubungkan pada alergi-alergi / suatu kondisi yang lebih serius, seperti uveitis, mata kering / katarak.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar