Minggu, 08 April 2012

Mengenal Mata Belekan serta Penyebabnya

Mata merah atau belekan merupakan penyakit yang tidak pandang usia. Anak kecil sampai orang tua bisa terkena penyakit ini. Belekan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, dan terkadang virus tersebut juga ditunggangi oleh kuman Oleh karena itu terjadi infeksi pada bagian mata. Penderita yang terkena penyakit ini akan merasakan pedih pada matanya, mata menjadi merah dan bengkak, bahkan ketika bangun tidur, si penderita akan kesulitan untuk membuka matanya, karena terdapat banyak kotoran di seputar kelopak matanya. Oleh karena itu pandangan menjadi kabur dan terasa ada ganjalan pada bola mata.


Penyakit Mata Belekan ini sangat menular, penularannya umumnya melalui benda-benda yang dipakai atau bersentuhan dengan mata si penderita, seperti kacamata, handuk, sapu tangan, dll. Bahkan penularannya juga bisa melalui jari tangan, apabila si penderita mengusap matanya dengan tangan, Oleh karena itu tangannya tercemar virus. Oleh karena itu tidak mengherankan, apabila ada salah satu anggota keluarga yang terkena penyakit ini, maka anggota keluarga yang lain akan sangat mudah tertular.

Berikut beberapa penyebab belekan :
  •  Reaksi alergis terhadap debu, spora jamur, ketombe, atau kontak langsung dengan air atau kosmetik yang mengandung zat klorine.
  • Belekan karena bacterial, dicirikan dengan kotoran yang berwarna kekuningan, untuk masalah seperti ini bisa sedikit kita atasi kompres dengan air hangat tambahkan minyak anti biotik pada air hangatnya, atau obat tetes antibakteri, karena banyaknya jenis bakreri yang ada maka untuk lebih enaknya bisa langsung bertanya kepada dokter, jika diatasi dengan teratur belekan jenis ini bisa hilang dalam waktu 2 – 3 hari
  • Belekan viral penyebabnya virus ini terjadi akibat komplikasi flu dan pilek hal ini sedikit menghasilkan kotoran hitam, tapi lebih banyak keluar air di banding belekan bakteri sehingga jika bangun tidur mata akan sangat rapat dan sulit untuk terbuka, hal ini biasanya terjadi jika antibiotika tidak bekerja sepenuhnya, maka diperlukan 2 – 3 minggu untuk menghilangkan belekan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar