Sabtu, 14 April 2012

Penyebab Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut merupakan salah satu penyakit ginjal yang berada pada takaran cukup banyak prevalensinya dalam beberapa Negara. Penyebab gagal ginjal akut bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang bisa dikategorikan prerenal yaitu gagal ginjal yang terjadi karena aliran darah sebelum mencapai ginjal, postrenal yaitu kelainan yang mempengaruhi gerakan keluar urin dari ginjal dan kelainan yang berasal dari ginjal itu sendiri seperti tidak aktifnya filtrasi darah sehingga limbah tidak keluar seperti semestinya / produksi urine.


Penyebab Gagal Ginjal akut :
  • Penyebab intrarenal (kerusakan actual jaringan ginjal) Kondisi seperti rasa terbakar, cedera akibat benturan, infeksi ginjal dan nefrotoksisitas bisa menyebabkan nekrosis tubulus akut (ATN) dan berhentinya fungsi renal. Cedera akibat terbakar dan benturan menyebabkan pembebasan hemoglobin dan mioglobin (protein yang dilepaskan dari otot ketika cedera), sehingga terjadi toksik renal, iskemik / keduanya.
  • Reaksi tranfusi yang parah juga menyebabkan gagal intrarenal, hemoglobin dilepaskan melalui mekanisme hemolisis melewati membran glomerulus dan terkonsentrasi di tubulus ginjal menjadi faktor pencetus terbentuknya hemoglobin.
  • Kondisi prerenal (hipoperfusi ginjal) Kondisi klinis yang umum yaitu status penipisan volume (hemoragi / kehilangan cairan melalui saluran gastrointestinal), vasodilatasi (sepsis / anafilaksis), dan gangguan fungsi jantung (infark miokardium, gagal jantung kongestif, / syok kardiogenik)
  • Pasca renal. Biasanya akibat dari obstruksi di bagian distal ginjal missal batu saluran kemih. Tekanan di tubulus ginjal meningkat, akhirnya laju filtrasi glomerulus meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar