Selasa, 28 Februari 2012

Cara Herbal atasi Mual saat Hamil


Keluhan mual dan muntah (morning sickness) umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan, terutama pada kehamilan pertama, dan akan hilang dengan sendirinya seiring memasuki trimster kedua & ketiga.

Meski dinilai normal dan wajar, rasa mual saat hamil bisa menghambat aktivitas, bahkan bisa membuat ibu dan janin kekurangan gizi. Karena dalam banyak kasus, calon ibu merasa mual dan muntah saat mencium bau makanan, termasuk nasi.


Mual pada ibu hamil adalah sangat wajar tapi ada cara untuk mengatasinya agar mual itu hilang, Cara alami untuk menghilangkan mual saat hamil dengan cara minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Sebaiknya pilih minuman dingin dan bening, seperti air putih dan soda bening. usahakan jangan sampai lapar Coba juga untuk makan makanan tawar, semisal roti panggang atau biskuit, dalam porsi kecil.

Hindari makanan yang digoreng maupun makanan berminyak serta makanan yang mengandung gula karena akan bisa memperparah rasa mual tersebut. Namun yang terpenting, pada saat mengkonsumsi makanan ataupun minuman tersebut, lakukan secara perlahan. Setelah itu, hingga mual hilang, berbaringlah diam di tempat tidur dan hindari melakukan aktivitas apapun. Oh ya, satu lagi, hindari mengkonsumsi makanan panas dan dingin pada saat bersamaan karena bisa memicu terjadinya rasa mual tersebut.


Cara mengatasi mual saat hamil sbb :

1. Konsumsi Gizi Seimbang
Pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat dan protein. Konsumsi juga buah dan sayuran. Makanlah dalam porsi sedikit tapi sering. Hal ini untuk mencegah perut kosong dan mempertahankan kestabilan kadar gula darah.

2. Bergerak Perlahan
Jangan terburu-buru saat bangun pagi, duduklah terlebih dulu dan perlahan-lahan mulai berdiri.

3. Hindari Pemicu Mual
Setiap ibu hamil mempunyai hal-hal tertentu yang bisa memicu mual, seperti parfum atau makanan berbau tajam.

4. Konsumsi Jahe
Untuk pengobatan herbal, jahe adalah pilihan yang tepat. Konsumsi jahe sesuai selera anda, misalnya dibuat minuman ataupun langsung dikunyah.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rasa mual saat hamil adalah hal yang normal dan akan menjadi pengalaman tersendiri saat anda mengandung.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar