Kamis, 23 Februari 2012

Kandungan Gizi pada Beras Merah


Manfaat beras merah mempunyai kandungan gizi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan beras putih. Kandungan vitamin dalam beras merah lebih baik dibandingkan dengan beras putih. Dalam satu mangkuk beras merah mengandung sekitar 3,5 gr serat, sementara beras putih kurang dari 1 gr. manfaat beras merah dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol darah. Beras merah mengandung tiamin (vitamin BI) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi. Proses pengolahan beras merah biasanya berbeda dengan proses pengolahan beras putih, hal ini di lakukan untuk menjaga agar kulit arinya tak banyak hilang. Kulit pada warna beras mengandung zat-zat gizi yang penting bagi tubuh, karena di dalam kulit ari tersebut kaya serat dan minyak alami.

Selama ini, kita hanya mengonsumsi beras putih saja, sehingga kita cenderung tidak tertarik untuk mencoba jenis beras yang lain. Padahal sebenarnya masih ada beberapa jenis beras yang mempunyai kandungan sama atau bahkan lebih baik daripada beras putih. Tapi kini tak ada salahnya jika ingin berpindah ke beras merah, karena studi mengemukakan bahwa beras merah dapat mengurangi risiko diabetes. Hasil yang didapatkan dari studi ini adalah mengganti sepertiga porsi beras putih dengan beras merah dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 16 persen.
manfaat beras merah bukan hanya mengandung gizi yang baik, mengenyangkan, namun juga mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat beras merah yang mungkin kita bisa bandingkan dengan beras putih :
  • Beras merah dapat membuat kulit lebih halus serta mengatasi alergi.
  • Beras merah dapat mencegah maupun mengatasi berbagai penyakit degeneratif seperti Diabetes militus, hipertensi, asma, dll
  • Beras merah mempunyai kandungan vitamin B yang tinggi yang bermanfaat mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, atau kesemutan.
  • Beras merah mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung, serta menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Beras merah mampu meningkatkan stamina,mengatasi cepat lelah, dan memperkuat tubuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar