Kamis, 23 Februari 2012

Minuman Pereda Pilek

Kena flu memang menyebalkan karena sepertinya penyakit itu umumnya rutin kita derita dan sudah biasa minimal sekali dalam beberapa tahun. Kalau sudah kena infeksi virus influenza ketika ketahanan tubuh kita sedang lemah, maka kita pun dalam beberapa hari masa inkubasi virus kita sudah bisa menderita penyakit pasaran yang satu ini. Musim pancaroba atau peralihan musim merupakan saat paling rentan terserang virus flu. Datangnya pun bisa lebih dari sekali dalam setahun, terlebih pada anak-anak. Bagi sebagian orang, penyakit ini malah sudah dianggap penyakit langganan yang selalu datang setiap kali terjadi perubahan musim.


Dr. Elson M. Haas, seorang dokter Amerika yang menggabungkan pengobatan konvensional dan alami, dalam artikelna Staying healthy with Dr. Elson Haas menjelaskan bahwa virus bukan satu-satunya penyebab batuk pilek. Menurut dia, kekebalan tubuhnya lemah cenderung lebih mudah terkena penyakit infeksi. Dan hal-hal yang menyebabkan lemahnya kekebalan tubuh, diantaranya adalah pola makan yang buruk, kurangnya olahraga, stress, dan kurang tidur.

Menu Minuman Sehat :
  • Wedang jahe dan serai, misalnya. Kedua bahan tersebut cukup  kasar, lalu tuangi air mendidih. “Jangan direbus. Kandungan bahan bermanfaatnya bisa menguap,” jelas Rahma P.F., asisten Apoteker Poliklinik OTI. Jahe dan serai bisa dibuat minuman secara terpisah, tapi bisa juga dipadukan.
  • Membuat beras kencur juga tidak rumit. Beras yang sudah direndam semalaman ditumbuk halus bersama kencur. air sarinya disaring, kemudian direbus. Supaya wedang semakin berasa segar, selain menggunakan bahan-bahan utama, boleh juga ditambahkan gula .
 Selamt Mencoba . . .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar