Rabu, 15 Februari 2012

Kandungan yang Lezat pada Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau
 Kandungan yang Lezat pada Kacang Hijau

Kacang hijau atau Phaseolus aureus berasal dari famili Leguminoseae alias polong-polongan. Sebagai makanan, tanaman tersebut dapat menghasilkan berbagai masakan, mulai dari aneka panganan kecil, bubur, sampai kolak. Selain rasanya yang enak dan lezat, kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Asam Folat
Asam folat sangat penting sekali dikonsumsi pada trimester awal kehamilan (bahkan sejak sebelum hamil) dab berguna untuk perkembangan sistem saraf pada bayi. Vitamin B1 dan B2
Vitamin ini bermanfaat untuk membantu penyerapan protein, pertumbuhan janin, melancarkan pencernaan, menjadi katalis untuk perubahan karbohidrat menjadi energi, dan membantu fungsi saraf. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan beri-beri, mudah lelah, dan konstipasi.


Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks dicerna tubuh lebih lama sehingga energi untuk kita lebih stabil bila mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi kacang hijau yang mengandung karbohidrat kompleks, untuk kita akan merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lelah.

Kalsium dan fosfor

Kalsium berfungsi untuk petumbuhan tulang pada janin dan meningkatkan kepadatan tulang ibu. Kebutuhan kalsium dan fosfor pada saat hamil meningkat karena unsur ini penting untuk pertumbuhan tulang bayi.

Serat

 Serat berfungsi membantu kelancaran proses pencernaan dan memelihara kesehatan saluran cerna untuk kita.Terhambatnya proses pencernaan akan mengakibatkan penyerapan nutrisi yang tidak maksimal oleh tubuh.


 Protein tinggi
Protein bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ pada janin. Bila kebutuhan protein tidak tercukupi, maka pertumbuhan organ bayi tidak sempurna dan terjadi kecacatan. Lemak baik
Lemak bermanfaat sebagai cadangan makanan pada tubuh, melindungi organ, dan menjaga kestabilan suhu tubuh untuk kita maupun bayi untuk kita. Lemak pada kacang hijau berkadar rendah dan aman untuk jantung. Kacang hijau aman dikonsumsi terutama oleh wanita hamil penderita preeklampsia karena lemak pada kacang hijau aman untuk tekanan darah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar