Selasa, 28 Februari 2012

Obat Herbal : Daun Ketumabar baik untuk Kesehatan

Obat Herbal : Daun Ketumabar baik untuk Kesehatan

Cilantro atau "Ketumbar" mengandung banyak senyawa kimia tumbuhan dikenal mampu mencegah penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan. Ramuan ini kuliner populer, daun dan biji bisa digunakan sebagai bumbu bumbu.

Ketumbar asli berasal dari Mediterania dan Asia Kecil (Turki) daerah. Ini tumbuhan abadi membutuhkan tanah yang subur juga menguras dilengkapi dengan iklim musim panas yang hangat untuk berkembang dengan baik. Tumbuh 1 hingga 2 meter tingginya dan fitur hijau tua, berbulu, daun lunak, variabel dalam bentuk, luas lobed di dasar tumbuhan, dan lebih tinggi ramping dan berbulu pada berbunga batang. Daun dan batang mempunyai sedikit rasa jeruk.

Ketumbar biji, digunakan sebagai bumbu, yang bulat untuk oval, coklat kekuningan dengan pegunungan vertikal dan mempunyai rasa yang aromatik, manis, tetapi juga sedikit pedas.

Anda pastinya sudah mengenal Daun ketumbar atau cilantro umumnya digunakan dalam masakan Indonesia. disamping itu, Cilantro mempunyai manfaat lain bagi kesehatan antara lain :
  • Membunuh kuman, kandungan alkohol cilantro, borneol, membunuh virus dengan melarutkan kulit berlemak yang mengandung microorganisme ini.
  • Kulit Cantik, Menaburkan satu sendok teh cilantro ke dalam makanan setiap hari bisa menurunkan resiko kanker kulit hingga 30 %. Bumbu segar ini mengandung antioksidan caffeic acid dan chlorogonic acid yang melahap radikal-radikal bebas penyebab kanker yang dihasilkan sinar matahari, begitu menurut temuan riset di Vanderbilt University di Nashville. Proses ini juga melindungi kulit dari kerut dan tanda-tanda kerusakan sinat UV lainnya.
  • Mengecilkan perut besar, Cilantro adalah sumber alamiah top dari limonene. Flavonoid ini menghambat perut  mengabsorp lemak-lemak jenuh dan menghantarnya ke liver agar segera dieliminasi, jelas para ahli University of Western Ontario, kanada. Selain itu beberapa studi terpisah menunjukkan, hanya 1 sendok teh bumbu masakan segar ini bisa secara cepat  menenangkan saluran cerna, mengatasi kembung dalam 24 jam.
  • Menciptakan rasa senang, Sedikit cilantro bisa membangkitkan  rasa senang dalam sekejap. manfaat ini berasal dari kandungan kaempferol, sejenis phytochemical yang mempercepat pembakaran  glukosa yang memberikan energi, begitu menurut sebuah studi jepang.Kaempferol juga meningkatkan  rasa senang dengan melumpuhkan monoamine oxidase, sejenis enzim yang mencegah hormon bahagia (serotonin dan dopamine).
  • Manfaat Obat, Minyak esensial daun ketumbar mengandung senyawa antibakteri dan bisa digunakan sebagai fungsida. Diduga bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing. Daun dan biji ketumbar membantu pencernaan, mengeluarkan gas dalam perut, mengatasi mual, meredakan inflamasi, sakit rematik, sakit kepala, dan stress mental. Biji ketumbar diduga mengandung senyawa yang bisa menurunkan kolesterol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar