Kamis, 01 Maret 2012

Obat Herbal Atasi Mimisan

Obat Herbal Atasi Mimisan

Keluar darah dari hidung disebabkan adanya pembuluh darah yang berada di selaput lendir hidung pecah. Pecahnya pembuluh darah tersebut menyebabkan darah keluar secara terus-menerus dari hidung. Keluar darahnya bisa banyak, bisa juga sedikit, tergantung besar kecilnya pembuluh darah yang pecah tersebut.

Penyebab mimisan pada anak bervariasi. pada umumnya mimisan terjadi akibat pembuluh darah yang pecah di daerah hidung bagian tengah, namanya pleksus kieselbach. Pembuluh darah ini merupakan anyaman jaringan pembuluh darah yang sangat halus dan tipis. Pada anak-anak pembuluh darah ini mudah berdarah terutama kalau ada infeksi di daerah hidung. Akibat infeksi pembuluh darah yang tipis tersebut akan melebar dan kalau tersenggol sedikit saja akan mudah pecah.

Perubahan cuaca juga dapat menyebabkan mimisan. Prinsipnya sama dengan infeksi, cuaca dingin / hujan menyebabkan hidung anak mengalami flu serta pembuluh darah di hidung melebar dan tipis. Ketika anak menyeka hidungnya pembuluh darah ini gampang sekali pecah.

Racikan Herbal untuk Mimisan :

  • Daun Pegagan : Sebanyak 60 gr pegagan segar direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Setelah itu, airnya diminum selagi hangat.Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  • Daun Sirih : Cuci bersih 1 lembar daun sirih yang agak muda, lalu lumatkan sampai keluar minyaknya.Pemakaian : Gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan.
  • Akar alang-alang : Siapkan 60 gr akar alang-alang direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, lalu airnya diminum selagi hangat.Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  • Kangkung : Cuci bersih 25 gr kangkung segar secukupnya dijus. Tambahkan gula secukupnya, aduk-aduk, lalu diminum.Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  • Rambut Jagung : Sebanyak 50 gr rambut jagung direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Airnya disaring lalu diminum selagi hangat. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  • Akar Teratai : Cuci bersih 200 gr akar teratai, lalu haluskan dengan menggunakan blender.Pemakaian : Teteskan airnya ke dalam hidung, sekitar 2-3 tetes, lalu minum sisanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar