Kamis, 01 Maret 2012

Radang Amandel atasi dengan Obat Herba

Radang Amandel atasi dengan Obat Herba

Amandel adalah kumpulan jaringan limfa yang berfungsi sebagai pertahan tubuh yang letaknya pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Amandel berfungsi untuk mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan. bisa dikatakan Amandel sebagai penjaga pertama dari kuman untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh. Ketika ada kuman yang berusaha melewati mulut, waktu itulah Amandel akan beraksi menghalau kuman tersebut. Radang amandel (tonsillitis) adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman sehingga terjadi radang / pembengkakan dibagian selaput lendir tenggorokan.

Keluhan seseorang yang menderita radang amandel biasanya adalah:
  1. Anak-anak sering buang air ludah kadang-kadang penderita tidak mau minum / makan lewat mulut.
  2. Mudah loyo dan sakit pada otot dan persendiandemam tinggi dan nafas yang berbau.
  3. Ketika dilakukan pemeriksaan, bisa terlihat amandel yang membengkak, merah, terkadang adanya pembengkakan pada daerah leher.
  4. Nyeri pada tenggorokan dan sakit pada waktu menelan makanan
  5. Ludah yang terasa pahit Mual, muntah dan berubahnya suara

Berikut ini beberapa contoh racikan tumbuhan obat yang dapat mengatasi radang amandel :
  • Bubuk sambiloto sebanyak 3 - 4,5 gram diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum hangat-hangat. / 30 gram sambiloto segar/15 gram yang kering, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya ditambahkan 200 cc jus buah nanas, diaduk, lalu diminum untuk 3 x sehari, setiap kali minum 200 cc. (untuk tonsilitis akut)
  • 2 buah mengkudu/pace matang tambahkan 20 gram kunyit, dicuci dan dihaluskan, disaring dan diambil airnya, tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis, dan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum. Lakukan 2-3 x sehari. (untuk tonsilitis akut).
  • 30 gram benalu jeruk nipis / benalu teh tambahkan 30 gram temu putih tambahkan 10 gram sambiloto kering tambahkan 20 gram kunyit, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum untuk dua x sehari, setiap kali minum 200 cc. (Untuk tonsilitis kronis dengan pembesaran tonsil yang agak besar).
  • 10 lembar daun cocor bebek dihaluskan / dijus, airnya digunakan untuk berkumur di tenggorokan. Lakukan 2-3 x sehari.
  • 30-60 gram akar kembang pukul empat dijus, airnya digunakan untuk berkumur di tenggorokan, lalu ditelan. Lakukan 2 x sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar