Rabu, 18 April 2012

Pengertian Tumor Ganas

Tumor ganas disebut kanker. Tumor ganas mempunyai potensi untuk menyerang & merusak tissue yang berdekatan & menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan & tidak menyebarkan benih metastasis, Tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi

Tumor ganas laring ialah tumor yang menyerang di fungsi THT. Tumor ganas ini lebih banyak menyerang pria dibanding wanita & banyak pasien yang berobat telah dalam stadium tinggi. Penyebab tumor ganas laring ini belum diketahui pasti Tetapi beberapa faktor punya kaitan dengan tumor ganas ini seperti perokok, alkohol / radiasi di leher.


Tumor ganas yang telah menyebar ke bagian tubuh lain disebut dengan metastasis (anak sebar tumor), yang penanganannya secara umum ialah kemoterapi. Kemoterapi ini juga dilakukan untuk pengobatan tumor laring, selain juga melakukan pengobatan pada tumor primernya di laring. Oleh karena itu pengobatan tumor ganas selain harus mengetahui jenis tumornya juga perlu diketahui stadiumnya.Gejala Tumor Ganas

Gejala tumor ganas tergantung dari lokasinya. Misalkan tumor pada paru-paru mempunyai gejala batuk, sesak napas, nyeri dada. Tumor di usus menyebabkan penurunan berat badan, diare, sembelit, anemia & ada darah dalam tinja.

Tetapi kebanyakan tumor juga tidak menimbulkan gejala & gejalanya baru muncul setelah penyakitnya masuk stadium lanjut. Tetapi gejala tumor ganas yang paling umum ialah sering merasa panas dingin (demam), mudah lelah, kehilangan nafsu makan, rasa tidak enak di ba&, sering berkeringat waktu tidur malam hari, & berat badan menyusut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar