Minggu, 08 April 2012

Jenis Penyakit Mata

Penyakit mata banyak di alami oleh sebagian orang, jenis dan gejala-gejala Penyakit Mata pun beragam ada yang menular dan tidak menular. Berikut adalah Jenis Penyakit Mata :


  • Bintitan
Ditandai dengan munculnya bisul kecil pada tepi kelopak mata. Namun infeksi juga dapat terjadi di lokasi yang lebih dalam, sehingga yang tampak hanya warna merah dan pembengkakan.

Bintitan timbul karena adanya infeksi bakteri pada kelenjar di dasar bulu mata dan termasuk penyakit mata ringan. Umumnya akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu satu minggu setelah nanah keluar. Untuk mempercepat pecahnya bisul, caranya dengan menggunakan kompres hangat dan memijatnya dengan perlahan. Jenis penyakit mata ini sering terjadi pada anak usia sekolah karena sering mengucek mata tanpa memperhatikan kebersihan tangan.
  • Keratitis
Keratitis disebabkan oleh virus, kuman, maupun jamur yang menyerang kornea mata. Penyakit ini sering menyerang petani pada masa panen sehingga sering juga disebut dengan penyakit mata sawahika. Ciri- ciri orang yang sering terkena keratitis merupakan terdapat bercak- bercak putih di sekitar kornea mata dan menyebabkan penglihatan jangka panjang. Sama seperti glaukoma, keratitis harus segera diatasi agar tidak terjadi kerusakan mata yang lebih fatal.
  • Glaukoma
Glaukoma ditandai dengan pandangan yang mulai kabur dan berkurangnya pandangan ke samping (lebar penglihatan berkurang). Jika ditangani dengan baik, sebelum terjadi kerusakan pada retina dan saraf mata, maka masih ada kesempatan untuk kembali membaik. Namun jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kebutaan. faktor ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.
Katarak merupakan sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit hingaa keburaman total dan menghalangi jalan cahaya. Penderita katarak akan mengalami pengelihatan yang buram, ketajaman pengelihatan berkurang, sensitivitas kontras juga hilang, sehingga kontur, warna bayangan dan visi kurang jelas karena cahaya tersebar oleh katarak ke mata. Tes sensitivitas kontras harus dilakukan dan jika kekurangan sensitivitas kontras terlihat makan dianjurkan untuk konsultasi dengan spesialis mata.
  • Belekan
Penyebabnya merupakan infeksi virus, terkadang disertai infeksi bakteri. Penyakit mata ini membuat mata menjadi merah, bengkak, dan nyeri serta memproduksi kotoran mata menjadi banyak. Gejala dari belekan ini umumnya membuat bulu mata saling menempel dan sulit dibuka pada waktu bangun tidur karena terlalu banyak kotoran yang lengket di bulu mata. Biasa menyerang anak-anak dan sangat menular


Tidak ada komentar:

Posting Komentar