Senin, 26 Maret 2012

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh kita yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Di Indonesia, penyakit jantung berpotensi tinggi sebagai penyebab kematian. Maka dari itu, harus lebih ditekankan dalam diri kita tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung.



Minumlah Teh Hijau Tanpa Gula
Seduhlah sendiri teh hijau dan bawa ke manapun Anda pergi, baik itu ke kantor / sekedar berkunjung ke taman.
Teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah.
Minum dua cangkir teh hijau tanpa gula sehari telah terbukti memiliki manfaat untuk melindungi kesehatan jantung.

Air putih
Kekurangan air menyebabkan dehiderasi sehingga dapat menuju pada penyakit jantung koroner termasuk darah kentel, pengentalan darah terjdi karena mengalami dehidrasi, sehingga darah lebih mengental. Hal inilah yang mengakibatkan banyak mengeluarkan energi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Dehiderasi juga dapat menimbulkan hipertensi.  Saran untuk dewasa minumlah air putih paling sedikit 10 gelas dalam sehari

Konsumsi Buah
Banyak mengkonsumsi buah akan membuat jantung sehat dan segar. Seperti kita mengkonsumsi buah pisang yang akan membantu menurunkan darah tinggi dan menjaga otot jantung, / buah jeruk, melon dan pepaya yang mengandung vitamin C yang baik untuk jantung.

Sayuran
Berbagai macam sayuran yang baik untuk jantung Seperti bayam baik untuk kesehatan pembuluh darah arteri, brokoli yang berfungsi sebagai zat pelindung jantung, tomat yang berfungsi menjaga kerusakan pembuluh arteri.

Berhenti Merokok
Kita semua tahu bahwa merokok menyebabkan kerusakan pada arteri dan paru-paru.
Jika tidak dapat langsung berhenti, maka kurangi jumlahnya. Setiap jumlah yang berkurang dalam merokok dapat membantu jantung tetap sehat.

Hentikan Mengonsumsi Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji mengandung banyak lemak jenuh, garam, gula, bahan pengawet, dan penguat rasa.
Hampir semua makanan cepat saji tidak hanya merusak kesehatan jantung, melainkan juga dapat menimbulkan penyakit kronis dan obesitas

Olahraga
Menambahkan latihan kekuatan / olahraga beban sebagai salah satu latihan pada olahraga rutin dapat memperkuat otot jantung serta membantu jantung untuk berdetak dan memompa darah lebih efisien.
Meskipun latihan aerobik harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari, sesi latihan beban dapat dilakukan dua / tiga kali dalam seminggu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar