Minggu, 15 April 2012

Pencegahan Alami Kanker Payudara

Salah satu pencegahan kanker payudara ialah pola makan yang sehat. Diperkirakan satu dari tiga kasus kanker payudara karena faktor pola makan. Pola makan yang baik yang akan membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh Anda dan ini merupakan pencegahan penyakit yang paling ampuh. Meskipun belum diketahui adanya makanan yang bisa menyembuhkan kanker, memakan makanan tertentu dan mengurangi makanan tertentu lainnya bisa menjadi tindakan pencegahan

Makanan yang kaya serat, bisa membantu menurunkan kadar prolaktin dan estrogen, kemungkinan dengan mengikatkan diri pada hormon-hormon ini lalu membuangnya ke luar tubuh. Ini bisa menekan fase lanjut dari karsinogenesis (pembentukan kanker). Selain itu, mengurangi makanan berlemak jenuh bisa menurunkan risiko. Kacang kedelai dan produk kedelai tanpa difermentasi bisa menghambat pertumbuhan tumor.


Berikut Pencegahan Kanker Payudara secara alami :

  • Berolah raga secara teratur. 
Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan menigkatnya aktivitas, maka resiko kanker payudara akan berkurang. Berolah raga akan menurukan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi resiko kanker payudara.
  • Kurangi lemak.
Anda tentu sudah sering mendengar pertentangan penbisa mengenai hubungan antara kanker payudara dengan makanan berlemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet rendah lemak membantu mencegah kanker payudara. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lemak dan kanker payudara.. Penelitian terakhir menyatakan bahwa yang lebih penting ialah jenis lemaknya bukan jumlah lemak yang dikonsumsi.
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran.
Semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan, semakin berkurang resiko untuk semua kanker, termasuk kanker payudara.
Sayur-sayuran yang kaya vitamin A, seperti wortel, labu siam, ubi jalar, dan sayur-sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kangkung dan sawi hijau, mungkin bisa membantu. Vitamin A mencegah pembentukan mutasi penyebab kanker. Sedangkan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C menurunkan risiko kanker payudara.
  • Makan lebih banyak serat.
Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, buah-buahan dan sayuran juga mengandung banyak serat. Makanan berserat akan mengikat estrogen dalam saluran pencernaan, sehingga kadarnya dalam darah akan berkurang.
  • Banyak mengkonsumsi kedelai
Insiden kanker payudara pada wanita Asia cuma seperlima dari wanita Barat. Para ilmuwan percaya bahwa penyebabnya ialah diet yang kaya kedelai. Sebuah eksperimen menunjukkan bahwa kedelai fermentasi Jepang bisa menurunkan risiko kanker payudara. Mereka yang mengkonsumi tiga porsi atau lebih setiap hari memiliki risiko lebih rendah dibandingkan yang makan cuma satu porsi atau kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar