Minggu, 15 April 2012

Mencegah Datangnya Kanker

Cara pencegahan umum kanker adalah mengurangi paparan terhadap bahan karsinogen, misalnya tidak merokok, menghindari makanan tinggi lemak, menambah makanan tinggi serat misalnya sayuran dan buah, hidup akif fisik, mengupayakan berat badan yang ideal, dan hidup dengan pola sehat. 

Pencegahan juga bisa dilakukan dengan penapisan atau screening terhadap kemungkinan terkena kanker. Tes penapisan kanker ini dimaksudkan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kanker sehingga bisa menurunkan jumlah kematian akibat kanker karena bila kanker ditemukan pada stadium sangat dini, dimana kanker belum menyebar lebih jauh, biasanya kanker tersebut bisa diobati dan memberikan hasil yang optimal.

Berikut Tips agar tidak terserang Kanker :

  • Konsumsi makanan yang sehat. Buah-buahan, sayuran dapat mnecegah kanker hingga 20%.
  • Olahraga. Jalan, minimal 30 menit perhari dengan frekuensi 3-5 hair bisa mencegah timbulnya penyakit terutama penyakit kanker.
  • Hindari ROKOK. Rokok merupakan penyebab 1/3 kanker yang terjadi, seperti kanker paru, kanker payudara, dan kanker leher rahim.
  • Wanita yang melakukan hubungan intim dengan pria yang belum disunat bisa berisiko tinggi terkena serangan kanker serviks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar