Minggu, 15 April 2012

Faktor Penyebab Kanker

Kanker Merupakan  penyakit genetika yang cukup sederhana yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal sel-sel yang sama. Ketika sel dikalikan secara eksponensial (2-4-8-16), kanker akan membentuk suatu massa sel yang disebut dengan tumor. Dari sinilah, semua masalah dimulai, ketika tumor mulai secara agresif menggantikan sel-sel sehat dalam tubuh dan mempengaruhi fungsi tubuh normal.

yang harus dicatat bahwa beberapa jenis kanker tidak menimbulkan gejala apapun hingaa kanker tersebut berada dalam arena lanjut. Inilah sebabnya mengapa pemeriksaan kanker serta penilaian risiko sangat penting untuk pencegahan kanker serta deteksi dini.


Berikut Beberapa Faktor penyebab Kanker :
  • Faktor makanan : Menurut penelitian, 80-90% faktor penyebab berbagai kanker berkaitan dengan makanan. Beberapa makanan jika dikonsumsi secara berlebih dapat menjadi pencetus munculnya sel kanker. Seperti, makanan yang diasap, makanan yang diasinkan atau diacar, makanan yang diawetkan, dan makanan yang banyak mengandung bahan-bahan kimia lainnya (zat pewarna dan perasa buatan).
  • Faktor genetik : Seseorang yang mempunyai riwayat (keturunan) penyakit kanker mempunyai risiko lebih besar terkena penyakit ini, dibanding seseorang yang tidak mempunyai riwayat.
  • Faktor kekebalan (imunistas) : Di dalam tubuh yang sehat sistem kekebalannya mampu mengetahui sel asing dan memusnahkannya. Tetapi jika sistem imunitas di dalam tubuh mempunyai masalah, maka akan mempengaruhi pengenalan terhadap sel asing, sehingga sel tumor akan berkembang dan tumbuh dengan bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar