Jumat, 13 April 2012

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal berukuran panjang 11-12 cm, lebar 5-7 cm, tebal 2,3-3 cm, kira-kira sebesar kepalan tangan. Ginjal terbentuk oleh unit yang disebut nephron yang berjumlah 1-1,2 juta buah pada tiap ginjal. Unit nephron dimulai dari pembuluh darah halus / kapiler, bersifat sebagai saringan disebut Glomerulus, darah melewati glomerulus/ kapiler tersebut dan disaring sehingga terbentuk filtrat (urin yang masih encer) yang berjumlah kira-kira 170 liter per hari, kemudian dialirkan melalui pipa/saluran yang disebut Tubulus. Urin ini dialirkan keluar ke saluran Ureter, kandung kencing, kemudian ke luar melalui Uretra. 

 
Gagal ginjal ialah stadium akhir dari penyakit ginjal. Gagal ginjal terjadi ketika ginjal tak lagi bisa memproses darah secara normal. Jika gagal ginjal terjadi, maka seseorang harus menjalani perawatan dialisis, dimana mesin menggantikan fungsi normal ginjal.

Cara Mencegahnya :
Tanyakan pada dokter mengenai kemungkinan untuk mengambil suplemen bawang putih. Suplemen ini bisa membantu mengurangi tekanan darah dengan cepat.
Namun, pada saat yang sama, suplemen bawang putih bisa menghambat kemampuan penggumpalan darah, sehingga harus diminum di bawah pengawasan dokter.

  • Mengontrol tekanan darah.
Tekanan darah tinggi kronis ialah salah satu penyebab paling umum terjadinya gagal ginjal akut pada pria dan wanita dewasa.

  • Berhenti minum alkohol.
Menghindari atau berhenti minum alkohol bisa mengurangi ketegangan pada ginjal.
Minuman alkohol memaksa ginjal bekerja keras, sehingga menghindari alkohol bisa mencegah terjadinya gagal ginjal.
  • Banyak minum air putih.
Meskipun ginjal sudah mengalami kerusakan, namun biasanya masih bisa memproses air putih. Cobalah untuk minum air putiih minimal delapan gelas setiap hari.
  • Pemeriksaan darah dan urin.
Kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan darah dan urin secara rutin. Pemeriksaan ini akan melihat adanya masalah pada ginjal yang muncul meskipun tanda dan gejalanya belum nampak atau dirasakan.
 
  • Berhenti merokok.
Asap rokok bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar