Sabtu, 14 April 2012

Ciri-Ciri Kanker

Kanker adalah penyakit genetika yang cukup sederhana yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal sel-sel yang sama. Ketika sel dikalikan secara eksponensial (2-4-8-16), kanker akan membentuk suatu massa sel yang disebut dengan tumor. Dari sinilah, semua masalah dimulai, ketika tumor mulai secara agresif menggantikan sel-sel sehat dalam tubuh dan mempengaruhi fungsi tubuh normal.



Berikut Ciri-Ciri Kanker :
  • Membuat Hormon Pertumbuhan
Di samping tidak peduli terhadap sinyal anti pertumbuhan, sel kanker juga mampu membuat hormon pertumbuhan sendiri. Ini yang membuat sel kanker begitu angkuh sehingga sulit dikendalikan dan tidak mempedulikan aturan dalam tubuh.
  • Tidak Sensitif Terhadap Sinyal Anti Pertumbuhan
Normalnya, dalam tubuh kita ada sebuah sinyal anti pertumbuhan. Sinyal anti pertumbuhan tersebut memberikan tanda pada sel yang sudah waktunya berhenti untuk tumbuh. Akan tetapi sinyal tersebut tidak dipedulikan oleh sel kanker.
  • Menyebar Secara Tidak Terkendali
Kalau dalam sel normal, pertumbuhannya mampu dikendalikan. Sedang pada sel kanker, pertumbuhannya menyebar tanpa kendali. Sel kanker terus menyerang dan tumbuh di organ / jaringan sekitarnya.
  • Ketidakpekaan Sinyal Anti pertumbuh
ketidakmampuan untuk merespon secara normal terhadap isyarat yang mengatur pertumbuhan. Contohnya, banyak sel dalam tubuh sehat orang dewasa tidak aktif membagi karena sel-sel tersebut menerima sinyal yang memberi tahu untuk tidak tumbuh.
  • Daya Survive Tinggi
Sel kanker mempunyai daya survival yang sangat tinggi. Sel normal sangat bergantung pada mekanisme dan sistem dalam tubuh, lain halnya dengan sel kanker. Mereka punya mekanisme sendiri dan tidak peduli dengan mekanisme tubuh yang ada.
  • Mampu Mendapatkan Nutrisi Sendiri
Untuk tumbuh, sebuah sel membutuhkan asupan nutrisi. Pada sel normal, mekanisme itu berlangsung secara wajar melalui saluran yang ada. Tetapi tidak demikian halnya dengan sel kanker yang mampu mendapatkan nutrisi sendiri demi menjamin pertumbuhannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar