Minggu, 08 April 2012

Penyebab Mata Silinder

Mata silinder / astigmat merupakan suatu keadaan refraksi ketika berkas sinar tidak dibiaskan dalam satu titik di sekitar retina, tapi difokuskan dalan beberapa titik. Kalau mata miop, berkas sinar dibiaskan dalam satu titik di depan retina, pada mata hipermetrop berkas sinar dibiaskan dalam satu titik di belakang retina. Keadaan itu akan mengakibatkan tidak terbentuknya bayangan objek yang jelas pada retina. Akibatnya, sinyal penglihatan yang jelas tidak diteruskan ke pusat penglihatan di otak.

penyebab dari mata silinder itu sendiri, yaitu :

  • hal keturunan / genetika
hal keturunan selalu menjadi salah satu penyebab utama timbulnya suatu jenis penyakit, semisalnya mata silinder ini, penderita mata silinder memiliki kemungkinan adanya hal keturunan dari salah anggota keluarga yang mungkin pernah / menggunakan kacamata silinder. Namun pada umumnya besarnya turunan mata silinder besar merupakan diatas 1,5 diopter ( 1,5 cm )
  • Radiasi cahaya
Mata sering digunakan lebih dari kemampuannya, sehingga anda memaksa mata untuk tetap aktif melihat padahal mata anda telah memberi suatu respon untuk beristirahat. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan bisa menjadi penyebab awal mata silinder, yakni radiasi cahaya yang ditimbulkan dari sinar radiasi TV, cahaya monitor komputer yang tidak dilindungi filter pelindung monitor, membaca dalam pencahayaan yang kurang / pencahayaan yang lebih, membaca sambil tiduran, waktu istirahat yang kurang, sering begadang dsb.
  • Kekurangan asupan vitamin penting
Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama mata, karena mata merupakan salah satu indera tubuh yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Asupan nutrisi, protein dan lemak penting bagi kornea mata anda. Karena kornea dan lensa mata memiliki peranan penting dalam penglihatan.
-Keratoconus / kornea yang membentuk kerucut
-Ptosis / kelopak mata yang menggantung / kesulitan untuk membuka salah satu kelopak mata
-Sering bisulan di sekitar area kelopak mata
-Pasca operasi mata
-Pasca trauma dari suatu kecelakaan yang mengenai mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar