Rabu, 18 April 2012

Jenis-Jenis Tumor Yang Mematikan

Tumor ialah pertumbuhan abnormal yang terjadi pada suatu jaringan tubuh. Secara umum, bibit tumor tercetus ketika ada semacam masalah dalam pertumbuhan dan pergantian sel di dalam tubuh.

Memang tidak mudah mengukur bagaimana tumor bisa timbul di dalam tubuh kita. Setiap hari sel mengalami regenerasi, sel baru diproduksi untuk menggantikan sel lain yang sudah tidak berfungsi dengan baik.


Sel yang rusak secara otomatis diganti dan disingkirkan dari tubuh karena berpotensi menimbulkan penyakit. Tumor bisa tumbuh di semua bagian tubuh. Tumor terbagi atas 2 yaitu tumor jinak (non kanker) dan tumor ganas (kanker)

  • Tumor jinak
Tumor jinak ialah tumor yang sifatnya jinak dan membelah sangat lambat. Tumor jinak bisa berubah menjadi tumor ganas (kanker)  jika ada pemicu misalnya bahan kimia, paparan sinar matahari, radiasi, dll. Contoh tumor jinak ialah FAM atau tumor payudara
  • Tumor ganas
Tumor ganas atau kanker ialah benjolan yang sifatnya ganas, merusak, pertumbuhan sel sangat cepat dan bisa berpindah tempat (metastasis). Sel kanker bersifat ganas karena sifatnya yang merusak jaringan dan organ disekitarnya sehingga menimbulkan rasa nyeri bagi penderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar