Rabu, 18 April 2012

Perbedaan Kanker dan Tumor

Sangat Sering kita mendengar istilah kanker dan tumor tapi hanya sedikit orang saja yang benar-benar memahami apa perbedaan tumor dan kanker itu.

Kanker sering dikenal sebagai tumor, tapi tidak semua tumor disebut kanker. Tumor merupakan sebutan untuk segala benjolan / gumpalan yang timbul pada tubuh, baik kelihatan dari permukaan tubuh / tersembunyi. Sementara itu, kanker merupakan suatu penyakit akibat pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal yang kemudian berubah menjadi sel-sel kanker.


Hal ini sangat berbeda dengan benign tumor (tumor jinak) yang tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak membentuk metastase, tapi secara lokal bisa bertumbuh menjadi besar. Biasanya benign tumor tidak muncul lagi sesudah dilakukan operasi pengangkatan tumor.
Yang perlu diperhatikan disini bila tak terawat, kebanyakan kanker menyebabkan kematian; kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker bisa dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok tembakau bisa menyebabkan banyak kanker dari faktor lingkungan lainnya. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari merokok ! Sangat tidak baik untuk kesehatan.

Sedangkan Tumor merupakan istilah umum yang digunakan untuk segala pembengkakan / benjolan yang disebabkan oleh apa pun, baik oleh pertumbuhan jaringan baru maupun adanya pengumpulan cairan seperti kista / benjolan yang berisi darah akibat benturan. Namun, istilah tumor umumnya digunakan untuk menyatakan adanya benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan baru, tapi bukan radang. Oleh karena itu, dikenal istilah tumor jinak (benigna, benign) dan tumor ganas (maligna, malignant) yang berarti kanker. Tumor jinak tumbuhnya lambat, setempat (lokal), tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh serta jarang mengganggu kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar