Rabu, 11 April 2012

Penjelasan Tentang Virus Flu Tulang

Pernahkah mendengar soal flu tulang? Sebenarnya, seperti apakah penyakit ini. Dr Zubairi Djoerban, spesialis penyakit dalam dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyebutkan, flu ini sebenarnya yaitu infeksi virus chikungunya yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti / Aedes albopictus, sama dengan nyamuk yang menularkan virus demam berdarah (DBD).

Gejala yang menonjol yaitu nyeri yang amat sangat pada tulang dan persendian sehingga terkadang saat berjalan pasien harus membungkuk karena menahan sakit. Nyeri sendi pun bisa bertahan berminggu-minggu, bahkan berbulanbulan walaupun gejala-gejala lain telah hilang.


Gejala lain selain nyeri sendi yaitu demam tinggi, sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, nyeri otot, mata kemerahan, silau, serta bintik-bintik merah, terutama di badan dan tangan. Manifestasi gejala-gejalanya tentu bervariasi pada setiap orang. Gejala nyeri sendi pada anak biasanya justru tidak menonjol.

Peristiwa ini disebabkan oleh sifat dan karakteristik virus flu yang sering berubah-ubah setiap saat agar virus tersebut dapat mempertahankan hidupnya. Salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh semakin parahnya influenza yaitu Flu Tulang yang dimotori oleh virus Parvovirus B19. Siapa pun dapat terserang penyakit ini terutama bagi kaum lanjut usia yang sistem pertahanan tubuhnya sudah lemah. Flu tulang terkadang ditandai dengan gejala munculnya bercak-bercak merah pada mulut / kulit. Untuk membedakannya dengan penyakit demam berdarah diperlukan pemeriksaan lebih lanjut karena gejalanya mirip dengan flu tulang. Gejala-gejala umum yang sering dijadikan indikator, yaitu rasa ngilu pada persendian yang berlangsung selama 2 -4 minggu pasca flu biasa. Penderita merasa sangat kedinginan pada malam hari dan di pagi harinya tubuh terasa kaku.

Biasanya kondisi kesehatan penderita akan berangsur-angsur membaik sesudah 3 minggu. Para penderita sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dan sedapat mungkin menghindari rokok, kopi dan makanan berlemak tinggi agar tidak menjadi lebih parah. Juga sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sembarang jenis obat flu yang ada di pasaran karena sangat berbahaya. Sebelum mengkonsumsi obat flu sebaiknya dikonsultasikan lebih dahulu dengan dokter / tenaga medis ahli lainnya agar dapat terhindar dari resiko yang lebih fatal.

Oleh karena itu dengan telah membaca artikel ini, mudah-mudahan kita dapat mencegah dari virus flu tsb agar tidak menyerang keluarga kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar