Senin, 02 April 2012

Penyakit Menular Pada Kulit

Dalam ilmu Medis, penyakit menular merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi (seperti virus, bakteria atau parasit), bukan disebabkan faktor fisik (seperti luka bakar) atau kimia (seperti keracunan). Penyakit menular adalah penyakit yang bisa ditularkan atau menular kepada orang lain melalui media tertentu seperti udara : TBC, Infulenza dll, tempat makan dan minum yang kurang bersih pencuciannya (Hepatitis, Typhoid/Types dll),

  • Infeksi Jamur Kulit
Jamur dapat tumbuh di permukaan kulit kita, dan menyebabkan kerusakan tekstur kulit sehingga terlihat buruk.
Belum lagi, rasa gatal yang sering menyerang menyertai infeksi jamur tersebut. Jika tidak cepat-cepat di atasi, jamur kulit dengan cepat menyebar ke jaringan kulit yang lebih luas.
Penyebab : jamur
Gejala : kulit menjadi tebal dan timbul lingkaran-lingkaran, bersisik, lembab, berair, dan terasa gatal. kemudian timbul bercak keputihan.
Pencegahan : jaga kebersihan kulit terutama di area tengkuk, leher, dan kulit kepala.
  • Kudis (Skabies)
Gejala : timbul gatal hebat di malam hari, terutama di sela-sela jari tangan, di bawah ketiak, pinggang, alat kelamin, sekeliling siku, aerole (sekeliling puting payudara), dan permukaan depan pergelangan.
Kudis mudah menular ke orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung (handuk, pakaian, dll).
Pencegahan : kudis lebih sering terjadi di daerah yang higienisnya buruk, jadi memelihara kebersihan badan adalah wajib bila ingin terhindar dari penyakit kulit ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar