Selasa, 14 Februari 2012

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih
Obat Herbal : Manfaat Daun Sirih

Daun sirih (dalam bahasa jawa suruh) latinnya Piper betle L merupakan tanaman asli Indonesia yang sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman kesehatan yang memiliki fungsi yang luar biasa. Di beberapa daerah di Indonesia bahkan ada tradisi dimana seseorang mengunyah daun sirih. Daun sirih zaman dahulu digunakan para orang tua, terutama wanita untuk menyusur(menyirih). Namun sekarang kegiatan yang namanya menyusur ini sudah mulai pudar, & jarang orang-orang tua yang melakukan itu. Padahal sangat baik untuk gigi kita, lihatlah orang dahulu giginya pada kuat, umur 70an baru banyak yang ompong.. Daun sirih tumbuh umumnya merambat ke beberapa tempat disampingnya, seperti dinding, pohon,daratan dll.



Daun sirih ini ternyata punya fungsi & khasiat yang banyak banget, seringkali fungsi daun sirih ini digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit & guna untuk meningkatkan kesehatan.
fungsi Daun Sirih


Mengobati Alergi Pengobatan luar
Caranya : Ambil daun sirih sebanyak 6 lembar, Sepotong Jahe Kuning, Satu setengah sendoh minyak kayu putih, kemudian ditumbuk & dioleskan ke kulit yang mengalami gatal

Mengobati Bronkhitis

Caranya : 7 lbr daun sirih & sepotong gula batu. Langkahnya, daun sirih dirajang sampai halus, lalu direbus dengan gula batu menggunakan air 2 gelas sampai mendidih sampai tinggal 1 gelas, lalu disaring. Nah Air rebusan itu diminum 3x sehari, masing2 3 sendok makan.

Mengobati Keputihan

Caranya : Daun sirih 7-10 lbr kemudian direbus menggunakan air sebanyak 2,5 ltr, sampai mendidih . Kemudian biarkan, selagi masih hangat air rebusan daun sirih itu dioles-oleskan sekitar kemaluan. & lakukan ini scara berulang2.
Daun Sirih digunakan untuk mengobati mimisan
Caranya : Ambil daun sirih satu lembar saja & gulung kemudian sumbat di bagian hidup yang se&g mimisan.

Mengobati Diare
Caranya : Ambil daun sirih 4-6 lbr dicampur dengan 6 biji lada & minyak kelapa. Lalu dijadikan satu dengan ditumbuk. Hasil tumbukannya dioleskan ke perut, diulangi terus tiap hari sampai sembuh.

Mengobati Sakit gigi
dengan merebus daun sirih kira2 2 - 5 daun sirih dengan air 2 gelas. Masak sampai mendidih tunggu setelah dingin, lalu dibuat kumur-kumur. Saya sendiri juga sudah mencobanya & dalam waktu sebentar saja juga sudah sembuh kok.
Cara kedua dengan mencampur sedikit garam langkahnya : 2 - 5 lembar daun sirih lalu tuangkan dengan segelas air panas dicampuri garam secukupnya diaduk, lalu sama dengan cara diatas tunggu sampai dingin & dibuat kumur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar