Kamis, 19 April 2012

Makanan Sehat Bagi Penderita Tumor

Bagi seorang penderita Kanker / Tumor, mengonsumsi makanan sehat adalah wajib hukumnya. Mengendalikan nafsu akan makanan berlemak juga wajib hukumnya. Meski begitu, mereka (para penderita Kanker / Tumor) ini tetap membutuhkan bantuan dari orang-orang di sekelilingnya untuk menjaga pola makannya.

Peran dari keluarga, sebagai sosok terdekat, bagi seorang penderita Kanker / Tumor adalah sangat penting. Keluarga harus memberikan support dalam bentuk apapun, khususnya dalam hal menjaga pola makan si penderita Kanker / Tumor.


  • Gandum
Kita bisa mengonsumsi gandum yang berbentuk sereal dengan segelas susu setiap pagi. Setiap setengah gelas gandum setara dengan 10 gram kebutuhan serat yang berguna untuk menurunkan kadar estrogen di dalam tubuh. Banyak pendapat bahwa kadar estrogen yang tinggi di dalam tubuh bisa merangsang pertumbuhan sel kanker / tumor.
Susu kedelai

Zat yang terkandung dalam susu kedelai murni ternyata bisa menurunkan risiko terjadinya kanker / tumor sebesar 28% dibandingkan dengan kandungan zat yang terdapat pada kacang kedelai olahan.
  • Jus Jeruk
Jus jeruk diduga bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker / tumor hingga 50%. Namun, pernyataan tersebut masih memerlukan penelitian lanjutan sampai saat ini.

  • Ikan salmon dan ikan tuna
Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat, ditemukan bahwa para wanita yang tinggal di sekitar sungai dan selalu mengonsumsi ikan tuna dan ikan salmon setiap hari, mempunyai risiko yang sangat kecil untuk terserang kanker / tumor. Hal itu diduga karena adanya kandungan omega-3 yang terbisa dalam ikan salmon dan ikan tuna.
  • Wortel dan bayam
Wanita yang tidak pernah mengonsumsi wortel dan bayam ternyata mempunyai risiko terkena kanker / tumor dua kali lebih tinggi dibandingkan wanita yang sering mengonsumsi kedua jenis sayuran itu.
  • Yoghurt
Sebuah penelitian yang menggunakan yoghurt sebagai media dalam tes percobaan, menyatakan bahwa yoghurt bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker / tumor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar